Laila, Qumil (2024) تأثير استخدام وسيلة الفازل (PUZZLE) لترقية قدرة علم الصرف لدى لطلاب الفصل الحادى عشر بالمدرسة الثانوية الشيخ سوباكير عليكوك بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502720_prabab.pdf Download (685kB) |
|
Text
932502720_bab1.pdf Download (720kB) |
|
Text
932502720_bab2.pdf Download (712kB) |
|
Text
932502720_bab3.pdf Download (643kB) |
|
Text
932502720_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
932502720_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text
932502720_bab6.pdf Download (341kB) |
|
Text
932502720_daftarpustaka.pdf Download (515kB) |
|
Text
932502720_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk penerapan media puzzle dalam meningkatkan penguasaan ilmu shorof dalam mata pelajaran bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan media puzzle dalam pembelajaran dan kelompok control yang menggunakan metode konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pada pembelajaran tanpa menggunakan media dan pre tes dan post test terkait pengetahuan ilmu shorof. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan intact-Group Comparasio. Dalam desain ini instumen test diberikan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa terkait ilmu shorof sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Hasil penelitian berdasarkan uji sample t test diatas berdasarkan data nilai siswa kelas control dan kelas eksperimen, hasil nilai pada kelas eksperimen pre test 68,12 dan post test sebesar 88,22 sehingga dapat terlihat bahwa adanya perbedaan hasil nilai pre test dan post test dalam kelas dengan penerapan media puzzle, sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil pre test sebesar 76,88 dan post test sebesar 85,94 sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan hasil nilai pre test dan post test pada kelas kontrol dengan tanpa adanya media puzzle dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | QUMIL LAILA |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 08:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14885 |
Actions (login required)
View Item |