ANISA, PUTRI AYU (2024) Motivasi Penggemar K-Pop Dalam Membangun Personal Branding Sebagai Kpopers Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933412720_PRABAB.pdf Download (557kB) |
|
Text
933412720_BAB1.pdf Download (221kB) |
|
Text
933412720_BAB2.pdf Download (174kB) |
|
Text
933412720_BAB3.pdf Download (142kB) |
|
Text
933412720_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
933412720_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
933412720_BAB6.pdf Download (67kB) |
|
Text
933412720_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text
20104127_ lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (309kB) |
Abstract
Fenomena K-Pop telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penggemar K-Pop, yang dikenal sebagai K-Popers, tidak hanya menikmati musik dan hiburan dari artis Korea Selatan, tetapi juga menggunakan identitas mereka sebagai K-Popers untuk membangun personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa K-popers dalam membangun personal branding mereka di kalangan mahasiswa lainnya. Dengan berbagai strategi dalam membangun personal branding seperti membuat keunikan tertentu, relevansi, dan konsistensi dalam membangun personal branding sebagai K-popers.Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan dalam penelitian ini 10 mahasiswa IAIN Kediri yang menjadi K-popers. pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) informan penelitian motivasi menjadi K-popers untuk menambah relasi pertemanan. K-pop dapat menjadi wadah dan alat untuk informan mengembangkan potensi seperti bernyanyi dan dance. 2) informan mencari identitas dirinya melalui teman, keluarga, dan media sosial. Untuk memperkuatnya informan menunjukan keunggulan, memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan K-pop seperti kesenangan, dan terus menjaga nilai positif dengan terus berperilaku baik. 3) K-pop memberikan dampak pada mahasiswa dalam bidang gaya berpakain, make up, gaya berbicara, minat karir dan semangat belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | PUTRI AYU ANISA |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 04:08 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 04:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14799 |
Actions (login required)
View Item |