Atsir, Naufal Aflah Muwafaq (2024) Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Negeri Ngoro Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201154_PRABAB.pdf Download (476kB) |
|
Text
20201154_BAB1.pdf Download (276kB) |
|
Text
20201154_BAB2.pdf Download (372kB) |
|
Text
20201154_BAB3.pdf Download (257kB) |
|
Text
20201154_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text
20201154_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text
20201154_BAB6.pdf Download (159kB) |
|
Text
20201154_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text
20201154_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (57kB) |
Abstract
Keberagaman seringkali menimbulkan konflik, salah satunya adalah konflik beragama. SMAN Ngoro merupakan sekolah yang peserta didiknya beragam agama. Hal tersebut didukung oleh lingkungan sekitar SMAN Ngoro yang memiliki latar belakang beragam. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai moderasi beragama perlu ditanamkan kepada peserta didik untuk mencegah terjadinya konflik yang berlatar belakang agama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi upaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, serta (2) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN Ngoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari waka kurikulum, guru PAI, perwakilan peserta didik muslim, dan perwakilan peserta didik non-muslim dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN Ngoro diimplementasikan oleh guru PAI melalui tahap perencanaan, guru PAI menyiapkan perangkat pembelajaran, mendapat sosialisasi tentang moderasi beragama dan menyiapkan bahan ajar. Tahap pelaksanaan, guru PAI menggunakan strategi pembiasaan sikap yang baik kepada peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tergantung karakter kelas yang diajar, namun seacara keseluruhan sering menggunakan metode ceramah dan diskusi dalam pembelajarannya. Tahap evaluasi, guru memberikan soal/pertanyaan kepada peserta didik, mengulang kembali materi yang telah dibahas, memberikan nasihat, serta melakukan refleksi diri. Penanaman nilai moderasi beragama juga dilakukan melalui kegiatan keagamaan. (2) Untuk faktor pendukungnya yaitu adanya rasa peduli terhadap sesama terkait moderasi beragama, sekolah memfasilitasi kegiatan keagamaan, guru PAI yang moderat, dan peserta didik dapat mengimplementasikan nilai moderasi beragama secara langsung di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kelalaian peserta didik terhadap batasan dalam moderasi beragama, bercanda yang berlebihan, serta konten radikal dan minimnya pesan moderasi beragama di media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NAUFAL AFLAH MUWAFAQ ATSIR |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14043 |
Actions (login required)
View Item |