Umroh, Lilis Lailatul (2024) الأخطاء النحوية في كتابة الطلاب في الفصل اتضادم عشر في اتظدرسة الثانوية الإسلامية اتضكومية مدينة كديرم. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20203001_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20203001_bab1.pdf Download (804kB) |
|
Text
20203001_bab2.pdf Download (766kB) |
|
Text
20203001_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
20203001_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
20203001_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
20203001_bab6.pdf Download (499kB) |
|
Text
20203001_daftarpustaka.pdf Download (822kB) |
|
Text
20203001_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20203001_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (313kB) |
Abstract
Umroh, Lilis Lailatul. 2024. Kesalahan Sintaksis pada Penulisan Siswa Kelas XI MAN 1 Kediri. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing (1) Ratna Saidah, M.Ag. dan (2) Eko Budi Hartanto, S. Hum., M.Pd.I Kata Kunci : Bahasa Arab, Analisis, Kesalahan Sintaksis Dalam kegiatan berlatih berbahasa, manusia awalnya mampu berbahasa dengan mendengar, menyimak, melafalkan, membaca kemudian menulis. Keterampilan menulis ini menjadi keterampilan yang paling tinggi, karena membutuhkan latihan dan diatur dalam tata aturan yang baku yang biasa disebut al-qowaid al-lughowiyyah. Keterampilan menulis dapat diasah dengan pembelajaran imla‟, pembelajaran khat „araby atau dengan metode Insya‟. Karena kurangnya kebudayaan baik dari lingkungan maupun kebiasaan dan menganggap bahasa arab itu bahasa yang asing maka itu menjadi penyebab peserta didik melakukan bentuk kesalahan-kesalahan dalam bidang sintaksisnya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan sintaksis pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI MAN, faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan serta pembetulan-pembetulan dari bentuk kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode field research (Penelitian Lapangan) dengan menggunakan teknik kualitatif deskriptif (analisis), yang mana peneliti menganalisis karangan insya‟ siswa (Sebagai Evaluasi siswa) dan mempelajari berbagai referensi untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan-kesalahan sintaksis dalam evaluasi siswa. Kesalahan tersebut terdiri dari sepuluh bentuk kesalahan, antara lain dalam bentuk susunan idhofah, jer majrur, inna dan saudara-saudaranya, mubtada‟ atau jumlah ismiyah, fail, fiil atau jumlah fi‟liyah, maf‟ul bih, athof, dan dhorof. Dan banyak dari siswa itu melakukan kesalahan dikarenakan kurangnya pembudayaan berbahasa, kurang adanya strategi untuk menumbuhkan kesenangan, menganggap bahasa arab itu bahasa yang asing, kurang banyaknya kosa kata yang dikuasai, siswa menganggap bahasa arab itu bahasa bangsa jahiliyah, peran guru yang tidak komunikatif, dan lingkungan yang tidak mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | LILIS LAILATUL UMROH |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:06 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13765 |
Actions (login required)
View Item |