Efektivitas Media Aplikasi Fun Easy Learn 'Arobiy Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII Di Mtsn 8 Kediri

Sugiartik, Alni Ratna (2023) Efektivitas Media Aplikasi Fun Easy Learn 'Arobiy Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII Di Mtsn 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932512219_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932512219_bab1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932512219_bab2.pdf

Download (815kB)
[img] Text
932512219_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
932512219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
932512219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
932512219_bab6.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932512219_daftarpustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Pada zaman sekarang banyak media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alat media pembelajaran seperti media pembelajaran Fun Easy Learn ‘Arobiy. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan keefektivan media aplikasi Fun Easy Learn ‘Arobiy untuk meningkatkan penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII MTsN 8 Kediri. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Control-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini memiliki dua rumusan yaitu : 1. Penerapan media pembelajaran Fun Easy Learn ‘Arobiy ini hanya dilakukan dikelas eksperimen selama tiga kali pertemuan dengan materi yang berbeda – beda. Namun, sebelum eksperimen dilakukan peserta didik diberikan pretest terlebih dahulu dan setelah dilakukan eksperimen peserta didik diberikan posttest dengan hasil belajar nilai rata – rata post-test siswa kelas eksperimen lebih besar yaitu 88,24 dari pada kelas kontrol yaitu 80, 65. 2. Keefektivan media Fun Easy Learn ‘Arobiy ini perlu dilakukan beberapa analisis data yaitu : 1) Uji Normalitas Memperoleh hasil 0,172 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal, pengujian ini menggunakan Teknik Kolmogorov-Smirnov. 2) Uji homogenitas Memperoleh hasil Sig. Based on Mean 0,882 > 0,05 yang artinya data tersebut homogen. 3) Uji hipotesis Memperoleh hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. 4) Uji N-Gain Score Mendapatkan hasil sebesar 74,9418 atau 74,9% dan dikategorikan Cukup Efektif dengan minimal nilai 28,6 % dan maksimal nilai 100%. Maka peneliti menyimpulkan bahwa peggunaan media aplikasi Fun Easy Learn ‘ Arobiy Cukup Efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ALNI RATNA SUGIARTIK
Date Deposited: 08 May 2024 08:24
Last Modified: 08 May 2024 08:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item