Azmi, Rosa Bela Ulil (2023) مشكلات تعليم النّحو بكتاب جامع الدّروس العربيّة لطلّاب قسم تدريس اللّغة العربيّة سنة ۲۰۱۹ في الجامعة الإسلاميّة الحكوميّة كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932503218_bab1.pdf Download (287kB) |
|
Text
932503218_bab2.pdf Download (423kB) |
|
Text
932503218_bab3.pdf Download (302kB) |
|
Text
932503218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
932503218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
932503218_bab6.pdf Download (253kB) |
|
Text
932503218_daftarpustaka.pdf Download (261kB) |
|
Text
932503218_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (4).pdf Download (80kB) |
Abstract
ROSA BELA ULIL AZMI, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M. Ag dan Ahmad Sholihuddin, M.Pd, Problematika Pembelajaran Nahwu Dengan Kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2019 Di Institut Agama Islam Negeri Kediri, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Problematika, Pembelajaran, Kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah Pembelajaran nahwu di mata kuliah nahwu 3 di Progam Studi Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Kediri menggunakan kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah sebagai referensi sejak tiga tahun lebih hingga saat ini. Terdapat problematika pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2019, yaitu seharusnya para mahasiswa sudah memiliki bidang ilmu nahwu dengan baik karena sudah mengambil mata kuliah nahwu 1 dan 2 dan ilmu nahwu menjadi materi utama dalam belajar bahasa arab. Akan tetapi, terdapat beberapa mahasiswa yang belum menguasai ilmu nahwu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran nahwu dan proses pembelajaran nahwu serta problematika yang dialami mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Jami’ud Durus Al-Arabiyah. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus yaitu menghasilkan data tentang problematika pembelajaran nahwu dengan kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah untuk selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan teori yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan proses pembelajaran nahwu 3 dengan kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah, dosen membuat perencanaan pembelajaran yaitu dosen menyiapkan Satuan Acara Perkuliahan Nahwu 3 lengkap dengan komponen penting. Proses pembelajarannya dilaksanakan secara online dan metode yang digunakan yaitu metode pretest. Problematika yang dialami oleh dosen dan mahasiswa yakni dosen perlu mengulangi kembali penjelasan materi secara detail dan mahasiswa belum menemukan kitab terjemah Jami’ud Durus Al ‘Arabiyyah serta latar belakang mahasiswa berbeda-beda. Solusi yang diberikan yaitu dosen terus memberikan motivasi belajar mandiri kepada mahasiswa dan mahasiswa terus berusaha meningkatkan motivasi belajar mandiri serta meningkatkan kemampuan terjemahnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ROSA BELA ULIL AZMI |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
View Item |