Masruroh, Anisatu (2021) Analisis Kesulitan Belajar Maharoh Qiro’ah Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Umum dan Madrasah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503216_prabab.pdf Download (793kB) |
|
Text
932503216_bab1.pdf Download (418kB) |
|
Text
932503216_bab2.pdf Download (497kB) |
|
Text
932503216_bab3.pdf Download (420kB) |
|
Text
932503216_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
932503216_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
932503216_bab6.pdf Download (126kB) |
|
Text
932503216_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK ANISATU MASRUROH. Dosen pembimbing. Dr.Anis Humaidi.M.Ag dan Eko Budi Hartanto.M.Ag.: “Analisis kesulitan belajar maharoh Qiro’ah berdasarkan latar belakang pendidikan umum dan Madrasah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri”. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Kediri, 2021. Kata kunci : kesulitan belajar Maharoh Qiro’ah mahasiswa berlatar belakang umum dan madrasah prodi Pendidikan Bahasa Arab 2019 IAIN Kediri. Kesulitan belajar yang terjadi dalam suatu pembelajaran merupakan sesuatu yang lumrah dirasakan setiap lembaga pendidikan. Karena tidak selamanya proses pembelajaran berjalan dengan lancar tentu hambatan tersebut menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik terutama dalam materi qiro’ah. Apabila siswa mampu memahami materi tersebut dengan baik, tentu informasi yang disampaikan akan terserap dengan baik pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa kesulitan belajar mahasiswa dalam maharoh Qiro’ah baik yang berlatar belakang madrasah dan umum? 2) Apalah ada perbedaan hasil belajar maharoh Qiro’ah mahasiswa yang berlatar belakang umum dan \madrasah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana peneliti mengambil informasi dan datadata mengenai kesulitan belajar maharoh Qiro’ah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab yang berlatar belakang umum dan madrasah melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) kesulitan belajar maharoh qiro’ah mhasiswa yang berlatar belakang umum dan madrasah saat membaca dan memahami teks Arab tanpa harokat. 2) penyebab kesulitan tersebut kemungkinan karena kurangnya penguasaan Qowaid dan penguasan mufrodat yang sangat minim. 3) kesulitan juga terjadi karena factor internal mahasiswa seperti psikologis mahasiswa yang meliputi minat , bakat, motivasi dan kemampuan intelektual yang dimiliki mahasiswa. Dan faktor eksternal yang meliputi , dukungan keluarga, tidak ada kegiatan yang mendukung pembelajaran dilingkungan mahasiswa dan kegiatan belajar belum efektif terkendala pandemi. 4) tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar maharoh Qiro’ah baik mahasiswa yang berlatar belakang umum dan madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Anisatu Masruroh |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 07:19 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12105 |
Actions (login required)
View Item |