Fahmi, Syahrul (2023) Pengaruh Media Dakota Dalam Materi FPB Dan KPK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Najatus Salikin Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932608618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932608618_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932608618_bab2.pdf Download (487kB) |
|
Text
932608618_bab3.pdf Download (630kB) |
|
Text
932608618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
|
Text
932608618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
|
Text
932608618_bab6.pdf Download (189kB) |
|
Text
932608618_daftar_pustaka.pdf Download (301kB) |
|
Text
932608618_sp.pdf Download (719kB) |
Abstract
belajar siswa kelas IV MI Najatus Salikin berada dibawah rata-rata hal ini disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi karena siswa meganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan siswa merasa bosan karena guru hanya meneragkan materi tanpa menggunakan media.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran yang menggunakan media Dakota (Dakon Matematika) dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pada siswa kelas IV MI Najatus Salikin Kediri, (2) Pengaruh media Dakota (Dakon Matematika) dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pada siswa kelas IV MI Najatus Salikin Kediri, (3) implementasi media Dakota (Dakon Matematika) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Najatus Salikin Kediri pada materi FPB dan KPK. Jenis penelitian adalah eksperimen, metode penelitian Quasi eksperimental design. Metode ini sebagai bagian dari metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Najatus Salikin Kediri. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan samplinng jenuh dengan jumlah 25 siswa kelas IV-A (Eksperimen) dan 25 siswa kelas IV-B (Kontrol) . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Perbedaan pembelajaran terhadap siswa kelas IV yang menggunakan media Dakota (Dakon Matematika) dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media, yaitu pada kelas eksperimen respon siswa sangat antusias dalam belajar FPB dan KPK menggunakan media Dakota, serta hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dilihat dari nilai Pre Test menu Post Test. Sedangkan kelas kontrol respon siswa, yaitu cenderung lebih pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) Media Dakota (Dakon Matematika) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi FPB dan KPK kelas IV MI Najatus Salikin Kediri. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan rata-rata hasil Pre Test dan Post Test kelas eskperimen dan kelas kontrol serta dari perhitungan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 25 dapat dilihat nilai signifikansi Post Test kelas eksperimen 0,000 < 0,05 berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa media Dakota (Dakon Matematika) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Najatus Salikin Kediri pada materi FPB dan KPK, (3) Implementasi menggunakan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi FPB dan KPK yang dilakukan pada kelas eksperimen dapat meningkatkan dan merangsang otak siswa untuk lebih mudah memahami dan mengingat konsep materi FPB dan KPK.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Syahrul Fahmi |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 04:52 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 04:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11027 |
Actions (login required)
View Item |