Strategi Komunikasi Humas Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung Wisata Gronjong Wariti

Ilmi, Alfi Nur Far`Iyatul (2023) Strategi Komunikasi Humas Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung Wisata Gronjong Wariti. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933513019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933513019_bab1.pdf

Download (576kB)
[img] Text
933513019_bab2.pdf

Download (607kB)
[img] Text
933513019_bab3.pdf

Download (444kB)
[img] Text
933513019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
933513019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
933513019_bab6.pdf

Download (204kB)
[img] Text
933513019_daftarpustaka.pdf

Download (428kB)
[img] Text
933513019_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)

Abstract

ABSTRAK ALFI NUR FAR`IYATUL ILMI, Dosen Pembimbing DR. MOHAMAD ZAENAL ARIFIN, M.HI dan DR. PRIMA AYU RIZQI MAHANANI, M.SI. Strategi Komunikasi Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung Wisata Gronjong Wariti, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Daya Tarik. Pada umumnya, sektor pariwisata menjadi satu kesatuan kehidupan manusia. Adanya 60 objek wisata buatan di Kabupaten Kediri membuat wilayah ini berpotensi untuk mengembangkan wisata daerahnya. Salah satunya, wisata Gronjong Wariti yang terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Objek wisata ini memiliki potensi untuk menarik perhatian wisatawan lebih meningkat lagi karena ketersediaan sarana dan prasarananya yang lengkap serta akses ke tempat wisata yang mudah dikunjungi. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dalam meningkatkan daya tarik pengunjung wisata Gronjong Wariti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam (in-depth interview). Informan penelitian ada enam orang. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan daya tarik pengunjung wisata Gronjong Wariti, pihak Humas yang dalam konteks ini Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kediri menggunakan strategi komunikasi efektif dari Harold Lasswell. Bentuk-bentuk strategi komunikasinya adalah 1) komunikator dengan pelatihan tata kelola desa wisata dan home stay kepada para pengelola serta pembinaan dan sertifikasi bagi pemandu wisatanya; 2) pesan atau kontennya dengan pembuatan citra merek berupa pembuatan wahana objek wisata keluarga yang terjangkau serta peningkatan kebersihan objek wisata, 3) salurannya dengan penggunaan media sosial Facebook dan Instagram dalam promosinya, 4) komunikan dengan penentuan segmentasi pasar, yaitu masyarakat bawah dan menengah, 5) efek yang diharapkan yaitu peningkatan jumlah pengunjung sebesar 54%. Dari kelima unsur strategi komunikasi efektif tersebut, penggunaan saluran media sosial, yaitu Instagram dan Facebook paling berperan dalam meningkatkan daya tarik pengunjung wisata Gronjong Wariti.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfi Nur Far'iyatul Ilmi
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:32
Last Modified: 01 Dec 2023 03:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item