Pemanfaatan Content Digital Sebagai Alat Marketing Pada Era Industry 4.0 Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi Kasus Dhyhijab Jombang)

Fatmah, Elysa Ayu (2023) Pemanfaatan Content Digital Sebagai Alat Marketing Pada Era Industry 4.0 Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi Kasus Dhyhijab Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934134219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934134219_bab1.pdf

Download (636kB)
[img] Text
934134219_bab2.pdf

Download (760kB)
[img] Text
934134219_bab3.pdf

Download (423kB)
[img] Text
934134219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
934134219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
934134219_bab6.pdf

Download (243kB)
[img] Text
934134219_daftarpustaka.pdf

Download (398kB)
[img] Text
934134219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934134219_Lembar_Pernyataan_Publikasi.pdf

Download (184kB)

Abstract

Adanya perkembangan trend dalam dunia bisnis pada era digital industry 4.0 memberikan peluang untuk para pelaku usaha dalam memanfaatkan media digital berupa internet khususnya sebagai alat untuk menampilkan content digital sebagai alat pemasaran mereka. Pada era digital ini, marketing dilakukan dengan memanfaatkan konten-konten yang menarik sesuai dengan mengikuti perkembangan zaman dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan interaksi dan feedback yang baik. Namun, hal ini tetap saja cara pemanfaatan konten-konten tersebut terkadang menyimpang dari prinsip-prinsip syariah dalam langkah membangun konsistensi dan keunikan konten yang diciptakan seperti berlebihan dalam membuat konten hingga merugikan orang lain. Dari hal tersebut, peneliti bermaksud menganalisa lebih jauh mengenai Pemanfaatan Content Digital Sebagai Alat Marketing Pada Era Industry 4.0 Ditinjau Dari Pemasaran Syariah di Dhyhijab Jombang untuk mengetahui pemanfaatan content digital yang sesuai dengan pemasaran syariah meskipun harus mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pemanfaatan content digital Dhyhijab sebagai alat marketing pada era 4.0 saat ini, yaitu berupa konten edukasi seperti vidio tutorial memakai hijab, konten informasi yang berisikan informasi mengenai detail produk berupa foto katalog outfit Dhyhijab, konten hiburan yang berupa vidio point of view, giveaway, dan dance cover yang diciptakan oleh influencer atau konten kreator, dan terdapat konten testimoni atau konten yang berisi review produk dari Dhyhijab sendiri, pelanggan, dan juga influencer. Pemanfaatan konten tersebut disesuaikan dengan pemilihan tempat yang menarik dan estetik serta siklus waktu yang sesuai dengan jam aktifnya pengguna instagram, dengan konsisten memanfaatkan konten serta mengikuti trend yang disukai para customer agar konten-konten Dhyhijab dapat dengan mudah menarik audiens dan mendapatkan feedback yang baik berupa interaksi dan volume produk yang terjual. 2) Pemanfaatan konten Dhyhijab sebagai alat pemasarannya pada era industri 4.0 sudah sesuai dan berpegang teguh terhadap karakteristik nilai-nilai Rabbaniyah, Akhlakkiyah, Waqi’iyyah, dan, Insaniyyah. Dengan adanya konten-konten tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan, menciptakan kesadaran, meningkatkan ketertarikan, dan membangun ketertarikan serta hubungan yang baik antara Dhyhijab dengan pelanggan atau customer.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: ELYSA AYU FATMAH
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:31
Last Modified: 21 Nov 2023 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item