Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Mebel CV Sumber Rejeki Jaya Desa Teken Glagahan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Marketing Syariah

Saputri, Meisela Aditiwik (2023) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Mebel CV Sumber Rejeki Jaya Desa Teken Glagahan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Marketing Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934108919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934108919_bab1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
934108919_bab2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
934108919_bab3.pdf

Download (183kB)
[img] Text
934108919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
934108919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
934108919_bab6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
934108919_daftarpustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934108919_lembar pernyataan persetujuan publikasi Meisela.pdf

Download (282kB)

Abstract

MEISELA ADITIWIK SAPUTRI, Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE, MM dan Moch. Zainudin, MEI. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Mebel CV Sumber Rejeki Jaya Desa Teken Glagahan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Marketing Syariah. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023 Kata Kunci: Strategi Promosi, Omset Penjualan, Marketing Syariah Perkembangan bisnis yang semakin pesat hingga sekarang ini telah menciptakan kompetisi yang ada, antara perusahaan semakin ketat. Banyak perusahaan yang melakukan berbagai cara agar produk yang dipasarkan dapat diminati oleh masyarakat luas. Cara tersebut adalah strategi promosi yang memuat alat-alat seperti periklanan, hubungan masyarakat dan publisitas, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Tujuan utama dari strategi promosi adalah untuk memperkenalkan produk, mempengaruhi, dan meyakinkan calon pelanggan agar dapat menciptakan permintaan dari produk yang dihasilkan, sehingga perusahaan dapat mengalami peningkatan penjualan. Mebel CV Sumber Rejeki Jaya adalah usaha di bidang produksi dan penjualan berbagai jenis kayu dan mebel (furniture) sejak tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan omset penjualan ditinjau dari marketing syariah pada mebel CV Sumber Rejeki Jaya Desa Teken Glagahan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam meningkatkan omset penjualannya mebel CV Sumber Rejeki Jaya menggunakan strategi promosi yaitu melalui sosial media yaitu facebook dan whatsapp, hubungan masyarakat dan publisitas yaitu kerjasama dengan pekerja bangunan dan tukang, promosi penjualan dengan pemberian diskon, dan penjualan pribadi dengan membuka toko offline. Adanya strategi promosi yang dilakukan tersebut memberikan dampak positif bagi mebel CV Sumber Rejeki Jaya yaitu meningkatnya omset penjualan, hal ini dapat dilihat berdasarkan data penjualan dari tahun 2021-2022 sejumlah 14,81%. Peningkatan omset penjualan tersebut tidak terlepas dari cara berpromosi yang digunakan, yaitu berpegang pada karakteristik maupun akhlak yang ada dalam prinsip marketing syariah yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menerapkan promosi yang jujur dan tidak membohongi, produk dijelaskan dengan baik, ketepatan pengiriman barang pesanan dilakukan sesuai janji atau kesepakatan bersama, tidak adanya unsur paksaan, pelayanan dilakukan dengan baik serta memperhatikan etika, dan menyampaikan produk dengan jujur semisal adanya kecacatan barang langsung di sampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Meisela Aditiwik Saputri
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:23
Last Modified: 17 Nov 2023 08:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item