استخدام طريقة سمعية شفهية في تعليم مهارة القراءة للطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة سبيل المتقين سومبرجا بوجونيغورو

Wafiroh, Aizzatul (2023) استخدام طريقة سمعية شفهية في تعليم مهارة القراءة للطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة سبيل المتقين سومبرجا بوجونيغورو. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932506819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932506819_bab1.pdf

Download (467kB)
[img] Text
932506819_bab2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
932506819_bab3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932506819_bab3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932506819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
932506819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
932506819_bab6.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932506819_daftar pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

AIZZATUL WAFIROH,2023, Penggunaan Metode Audiolingual Pada Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswa Kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro, Kata kunci: Metode Audiolingual, Pembelajaran, Maharah Qira’ah. Pembelajaran Bahasa Arab adalah ilmu yang mencakup empat keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya adalah keterampilan membaca atau Maharah Qiroah. Di MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro Khususnya di kelas VIII, Maharah Qiroah merupakan keterampilan yang kurang dikuasai oleh peserta didik dan dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru bahasa Arab di MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro menerapkan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Maharah Qiroah. Metode Audio-lingual merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan pengucapan secara berulang-ulang. Identifikasi masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Metode Audiolingual Pada Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswa Mts Sabilul Muttaqin Sumbberejo Bojonegoro? Dan Apa Saja Faktor Yang Menjadi Pendukung dan Penghambat dalam Penggunaan Metode Audiolingual Pada Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswa Mts Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui penggunaan metode audiolingual pada pembelajaran maharah qira’ah siswa MTs sabilul muttaqin sumbberrejo bojonegoromengetahui. 2) Mengetahui apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode audiolingual pada pembelajaran maharah qira’ah siswa MTs sabilul muttaqin sumberrejo bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori B.F Skinner. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Maharah qiroah pada siswa kelas VIII di MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran Maharah Qiroah dengan metode Audio-lingual di kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro diawali dengan persiapan, seperti menyusun silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kemudian langkah pelaksanaan, yaitu guru membacakan teks bahasa arab, siswa menyimak lalu menirukan apa yang telah dibacakan oleh guru secara bersama-sama dan berulang-ulang. Guru menterjemahkan bacaan tersebut, kemudian siswa membacakan kembali bacaan tersebut bersama temannya secara bergantian. Kemudian langkah Evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dengan cara siswa menjawab soal-soal secara tertulis yang ada di buku paket, sedangkan evaluasi tidak tertulis yaitu dengan penilaian praktik membaca yang dilakukan siswa. Faktor yang menjadi pendukung penggunaan metode audiolingual pada pembelajaran maharah qira’ah adalah kelancaran siswa dalam membaca teks bahasa arab dan juga strategi guru dalam mengajar di kelas yang mana menjadikan suasana dikelas menjadi kondusif dan menyenangkan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran maharah qira’ah dengan menggunakan metode audiolingual adalah dari pribadi siswa sendiri yang mana mereka ramai sendiri, malas ketika pembelajaran berlangsung di kelas dan kurangnya antusias selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aizzatul Wafiroh
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:20
Last Modified: 23 Oct 2023 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item