فعالية استخدام نموذج التعلم التعاوني شعبة إنجازات فريق الطلاب لترقية فهم القواعد لدى طلاب الفصل التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار الحكمة موجوكرطا

Kholisoh, Inti sari (2022) فعالية استخدام نموذج التعلم التعاوني شعبة إنجازات فريق الطلاب لترقية فهم القواعد لدى طلاب الفصل التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية دار الحكمة موجوكرطا. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505518_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932505518_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505518_bab2.pdf

Download (914kB)
[img] Text
932505518_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932505518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
932505518_bab6.pdf

Download (516kB)
[img] Text
932505518_daftar_pustaka.pdf

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Inti Sari Kholisoh (932505518) : Dosen pembimbing Dr. Ahmad Rifa’I, M.Pd. Dan Moh. Sholeh Afiyuddin, M.Pd.I. : Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Kepahaman Qowaid Siswa Kelas IX MA Darul Hikmah Mojokerto. Skripsi. Program Study Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, student team achievement divisions, qowaid. Ilmu qowaid merupakan kalam arab yang mempelajari kaidah bahasa arab, sehingga bisa membentuk kalimat yang tersusun dan sempurna. maka dari itu pembelajaran qowaid merupakan proses interaksi peserta didik dalam hal materi bahasa arab, sehingga peserta didik bisa memahami, mengerti dan menguasai qowaid yang bertujuan bisa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD) guna meningkatkan kemampuan qowaid bahasa arab siswa kelas IX Mts. Darul Hikmah Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Bentuk desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan menggunakan satu kelas control dan eksperimen (quasi eksperiment) yang terdiri dari 36 siswa.. Data yang diperoleh berupa angka yang merupakan hasil dari pretes-postest yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran STAD. Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian yang dilakukan di MTS Darul Hikmah Mojokerto pada siswa kelas IX menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan posttest hasil belajar yang ditunjukkan dengan kenaikan presentase nilai ketuntatasan. Hasil penelitian ini diperkuat juga dari hasil analisis deskriptif nilai pretest kategori sangat tinggi 0%, tinggi 3%, sedang 50% , rendah 14% dan sangat rendah 33%. Dan hasil analisis deskriptif postets kategori sangat tinggi 60%, tinggi 14%, sedang 23% , rendah 3% dan sangat rendah 0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD terhadap kemampuan qowaid bahasa arab siswa adalah sangat efektif. Hal ini juga diketahui dari hasil uji t-test menunjukkan bahwa hasil Thitung > Ttabel = 3.574 > 1.690. yang artinya bahwa Ha diterima, atau dengan kata lain bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD efektif dalam meningkatkan kepahaman qowaid bahasa arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Inti Sari Kholisoh
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:32
Last Modified: 28 Jul 2022 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5244

Actions (login required)

View Item View Item