فعالية‌استخدام‌وسيلة‌بالستيسُ يف‌ترقية‌استيعاب‌ادلفردات‌لطالب‌الفصل‌الرابع‌من‌ ادلدرسة ‌اإلبتدائية ‌الفتاح ‌ابداس ‌كيديري ‌السنة ‌الدراسية ‌2017-2018

Munawaroh, Khabibatul (2019) فعالية‌استخدام‌وسيلة‌بالستيسُ يف‌ترقية‌استيعاب‌ادلفردات‌لطالب‌الفصل‌الرابع‌من‌ ادلدرسة ‌اإلبتدائية ‌الفتاح ‌ابداس ‌كيديري ‌السنة ‌الدراسية ‌2017-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505814 COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932505814 PRA BAB.pdf

Download (947kB)
[img] Text
932505814 BAB 1.pdf

Download (884kB)
[img] Text
932505814 BAB 2.pdf

Download (866kB)
[img] Text
932505814 BAB 3.pdf

Download (943kB)
[img] Text
932505814 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
932505814 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
932505814 BAB 6.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932505814 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dipahami siswa dengan jelas terutama kosakata bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti memilih media plastisin sebagai media pembelajaran ketika proses pembelajaran kosakata bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media plastisin dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiah Al Fatah Badas Kediri. Dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media plastisin dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Badas Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Al Fatah. Adapun siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Data yang digunakan yaitu hasil pre test dan post test dari kelompok tersebut. Kemudian menganalisis hasil tersebut melalui ANCOVA (Analysis of Covariance) dengan program SPSS 16. Implementasi plastisin sebagai media pembelajaran adalah dengan membentuknya berdasarkan kosakata dan materi tertentu ketika proses pembelajaran bahasa Arab. Kemudian, peneliti memberikan test untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa kelas IV MI Al Fatah Badas Kediri. Peneliti mendapat Hasil ANCOVA melalui SPSS sebesar sig. 0.00 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai α (0.05), hasil ini menunjukkan bahwa P < α. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media plastisin dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV MI Al Fatah Badas Kediri tahun ajaran 2017-2018.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:23
Last Modified: 11 Mar 2022 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item