Pengaruh Discount Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2017)

Mas'amah, Binti (2021) Pengaruh Discount Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2017). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931327415_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931327415_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
931327415_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
931327415_bab3.pdf

Download (275kB)
[img] Text
931327415_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
931327415_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
931327415_bab6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
931327415_daftarpustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
931327415_suratpernyataan.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK BINTI MAS’AMAH. NIM. 9313.274.15. Dosen Pembimbing Sri Anugrah Nataliana, SE, MM dan Dr. Ali Samsuri, MEI : “ Pengaruh Discount Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2017)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Discount dan Impulse Buying Fenomena belanja online yang semakin hari semakin mejamur, menyebabkan munculnya perilaku impulse buying. Perilaku impulse buying adalah perilaku pembelian yang dilakukan secara mendadak tanpa adanya suatu rencana sebelum memasuki suatu toko. Selain alasan kemudahan dan menghemat waktu dan tenaga, ada faktor stimulus yang dilakukan oleh pemasar ditempat belanja, yaitu discount. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) discount pada aplikasi Shopee menurut mahasiswa program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 IAIN Kediri, 2) impulse buying mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri pada aplikasi Shopee, 3) pengaruh discount terhadap impulse buying mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri pada aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2017 yang pernah melakukan pembelian pada aplikasi Shopee online store sebanyak 129 mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, pengambilan anggota sampel yang dilakukan secara random atau acak, dengan jumlah 95 responden. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan kuisioner (angket). Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan realibilitas. Pengujian statistik dengan uji asumsi klasik (Normalitas, Linieritas, Heteroskedastisitas), analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji-t), uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini berdasarkan 95 responden antara lain: 1) 70,53% responden menyatakn bahwa discount pada aplikasi Shopee tergolong baik. 2) 90,53% responden menyatakan perilaku impulse buying mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2017 pada aplikasi Shopee tergolong cukup. 3) hasil dari pengujian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara discount dengan perilaku impulse buying. hal ini terlihat dari signifikansi uji t sebesar sig. 0,000 < 0,05 yang berate Ho ditolak dan Ha diterima. hasil uji regresi linier sederhana didapatkan hasil Y=8,827+0,763X, artinya apabila discount naik 1 (satu) satuan maka impulse buying akan naik 0,763 satuan. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi atau R square sebesar 0,607 yang berarti 60,7 % variabel discount secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying. Sisanya 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Binti Mas'amah
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:49
Last Modified: 23 Feb 2022 01:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item