Analisis Soal dalam buku Bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri Menurut Dr. Muhammad Ali Al-Khouli

Sholihah, Melinda Mar’atus (2019) Analisis Soal dalam buku Bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri Menurut Dr. Muhammad Ali Al-Khouli. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
03. PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. الباب الأول.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الثاني 05.pdf

Download (2MB)
[img] Text
الباب الثالث 06.pdf

Download (615kB)
[img] Text
الباب الرابع 07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
الباب الخامس 08..pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
الباب السادس09.pdf

Download (386kB)
[img] Text
المراجع 10.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) Mengetahui hasil analisis tingkat kesukaran soal, daya beda dan reliabilitas soal objektif dalam buku bahasa Arab kelas 8 di MTsN 2 Kediri menurut Muhammad Ali Al-Khowli, (2) Mengetahui bentuk soal objektif yang telah diperbaiki dari segi konstruksi menurut Muhammad Ali Al-Khowli. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 kediri tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah semua soal yang terdapat dalam buku bahasa Arab kelas 8 MTsN 2 Kediri. Adapun sampelnya adalah soal-soal objektif pada bab‌ والرياضيون ‌الالعبون . Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan soal dalam bab والرياضيون الالعبون . Kemudian data dianalisis menggunakan teori Muhammad Ali Al-Khouli. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa (1)Hasil analisis butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas sebagai berikut: (a)Ditinjau dari tingkat kesukaran, soal dalam buku bahasa Arab kelas 8 MTs terbitan KEMENAG termasuk soal yang tidak baik, dilihat dari butir soal yang termasuk kategori sulit berjumlah 2 soal (6,98%), kategori sedang berjumlah 18 soal (66,66%), dan kategori mudah berjumlah 8 soal (62,89%), (b)Ditinjau dari daya beda, dapat disimpulkan soal dalam buku bahasa Arab kelas 8 MTs terbitan KEMENAG termasuk soal yang memiliki daya pembeda yang baik dilihat dari butir soal yang termasuk kategori sangat memuaskan berjumlah 12 butir (82,66%), memuaskan berjumlah 8 butir (11,61 %), tidak memuaskan berjumlah 6 butir (6,98%) dan sangat tidak memuaskan berjumlah 1 butir (1,44%), (c)Ditinjau dari aspek reliabilitas soal, nilai reliabilitas soal objektif sebesar 0,765. Dengan demikian soal objektif dalam buku bahasa Arab kelas 8 MTs terbitan KEMENAG tergolong soal yang baik, (2)Bentuk soal objektif yang telah diperbaiki adalah pilihan ganda dengan opsi jawaban yang lebih homogen dan tingkat kesukaran sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:59
Last Modified: 15 Feb 2022 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item