Keefektifan kegiatan membaca Al-Qur’an bagi kepribadian peserta didik di SMK PGRI 1 Kota Kediri

Utomo, Ramadhan Saputra Anggalih (2020) Keefektifan kegiatan membaca Al-Qur’an bagi kepribadian peserta didik di SMK PGRI 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129216 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932129216 BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932129216 BAB 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932129216 BAB 3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932129216 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
932129216 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
932129216 BAB 6.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932129216 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
932129216 LAMPIRAN.pdf

Download (759kB)

Abstract

Kebudayaan merupakan kegiatan yang di biasakan atau setiap hari dilakukan dan diikuti secara bersama-sama. Semua kehidupan ini mengikuti budaya yang ada di seklilingnya, tetapi terkadang kebudayaan ini menjadi benar dilakukan padahal secara etika itu sebenarnya salah. Keutamaan Al-Qur‟anul-Karim adalah kitab yang jelas, pembeda antara hak (benar) dan yang batil (tidak benar), yang diturunkan dari yang mahabijaksana dan maha terpuji, yang merupakan mukjizat yang kekal selama lamanya yang berlaku untuk semua zaman dari masa (waktu), yang diwariskan Allah kepada bumi dan orang-orang yang ada di dalamnya. Adapun fokus penelitian yang dibahas di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan membaca Al-quran di SMK PGRI 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana kepribadian peserta didik dengan adanya kegiatan membaca Al quran di SMK PGRI 1 Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di SMK PGRI 1 Kota KEDIRI. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode Hasil peneitian ini menjelaskan bahwa kegiatan membaca Al-Quran ini awalnya mendata yang ingin masuk kedalam kegiatan tersebut lalu diadakan selesksi Panjang pendeknya lalu setelah terpilih disetorkan ke panitia untuk dibuatkan jadwal masing-masing anak beserta pendamping. Proses sebelum kegiatan berlangsung sesuai jadwal masing-masing, 3 hari sebelum hari pelaksanaan peserta didik yang kebagian hari itu dibimbing dengan guru bermateri cara membaca ayat dan cara membacakan artinya. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah wal nya anak yang sering terlambat celometan di kelas menjadi lebih disiplin dalam sekolah dan tingkah laku baik dengan guru maupun sesama teman menjadi lebih baik dan saling menghargai. Kegiatan membaca Al-Qur‟an ini menjadi patokan untuk merubah sikap ataupun kepribadian peserta didik, dengan diperlakukannya tidak hanya membaca tetapi menyerap apa isi kandungan yang dibacanya

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:08
Last Modified: 27 Jul 2021 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item View Item