Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmatika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gender

Gestikatama, Elvin (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmatika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304819_prabab.pdf

Download (541kB)
[img] Text
932304819_bab1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932304819_bab2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932304819_bab3.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932304819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932304819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
932304819_bab6.pdf

Download (59kB)
[img] Text
932304819_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932304819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
932304819_sp.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar pendidik dapat mengetahui letak kesalahan siswa. Selain faktor tersebut, masih banyak faktor lain yang memengaruhi kesalahan siswa untuk menjawab soal cerita matematika, salah satunya ialah faktor gender. Analisis yang digunakan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa, disini peneliti menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan dan deret aritmatika berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Kemudian dipilih 6 siswa yang mewakili setiap kategori tinggi, sedang, rendah untuk wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siswa perempuan, mereka lebih banyak melakukan kesalahan pada indikator kesalahan proses penyelesaian. Lalu pada kategori laki-laki, mereka lebih banyak melakukan kesalahan pada indikator penulisan jawaban akhir. Apabila dilihat dari banyaknya jenis kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa subjek laki-laki sedikit lebih unggul dalam menyelesaikan masalah matematika dari pada subjek perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki memiliki kemampuan mekanika, matematika yang lebih baik namun perempuan juga lebih efektif dalam hal ketelitian, keakuratan dalam memecahkan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Elvindi Gestikatama
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:34
Last Modified: 26 Sep 2023 02:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item