Gestikatama, Elvin (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmatika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau Dari Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932304819_prabab.pdf Download (541kB) |
|
Text
932304819_bab1.pdf Download (190kB) |
|
Text
932304819_bab2.pdf Download (158kB) |
|
Text
932304819_bab3.pdf Download (156kB) |
|
Text
932304819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932304819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Text
932304819_bab6.pdf Download (59kB) |
|
Text
932304819_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
|
Text
932304819_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932304819_sp.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan agar pendidik dapat mengetahui letak kesalahan siswa. Selain faktor tersebut, masih banyak faktor lain yang memengaruhi kesalahan siswa untuk menjawab soal cerita matematika, salah satunya ialah faktor gender. Analisis yang digunakan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa, disini peneliti menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan dan deret aritmatika berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Kemudian dipilih 6 siswa yang mewakili setiap kategori tinggi, sedang, rendah untuk wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siswa perempuan, mereka lebih banyak melakukan kesalahan pada indikator kesalahan proses penyelesaian. Lalu pada kategori laki-laki, mereka lebih banyak melakukan kesalahan pada indikator penulisan jawaban akhir. Apabila dilihat dari banyaknya jenis kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa subjek laki-laki sedikit lebih unggul dalam menyelesaikan masalah matematika dari pada subjek perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki memiliki kemampuan mekanika, matematika yang lebih baik namun perempuan juga lebih efektif dalam hal ketelitian, keakuratan dalam memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Elvindi Gestikatama |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 08:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 02:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9890 |
Actions (login required)
View Item |