تطوير نموذج تعليم القائم على أساس المشروعات لترقية جودة تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة عمدادية كديري

Sholihah, Qintan Emilia (2023) تطوير نموذج تعليم القائم على أساس المشروعات لترقية جودة تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة عمدادية كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932511319_prabab.pdf

Download (673kB)
[img] Text
932511319_bab1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
932511319_bab2.pdf

Download (452kB)
[img] Text
932511319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
932511319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
932511319_bab5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932511319_daftarpustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932511319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932511319_sp.pdf

Download (399kB)

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan kurikulum model lama dan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa arab serta perlu adanya pengembangan kurikulum baru. Sehingga disini peneliti akan mengembangkan kurikulum pembelajaran baru yaitu kurikulum pembelajaran Bahasa arab berbasis project based learning. Peneliti memilih kurikulum pembelajaran Bahasa arab berbasis project based learning di karenakan dapat meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan keterampilan untuk mengelola sumber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang biasa di sebut research and development (R&D). Metode penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk tertentu maupun menghasilkan produk baru yang disertai dengan uji efektivitas dari produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Penelitian dan pegembangan ini didasari oleh peneliti yang akan mengembangkan suatu produk pembelajaran Bahasa arab yaitu kurikulum pembelajaran Bahasa arab berbasis project based learning. Uji coba kelompok kecil atau kelompok terbatas dilakukan di MTs Amdadiyah Kediri.Berdasarkan hasil pengamatan, di temukan permasalahan yaitu kurang berkembangnya kreativitas siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dan suasana pembelajaran tidak kondusif. Oleh karena itu, dibutuhkan kurikulum dengan kegiatan yang bervariasi yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam penyelasaian tugas. Uji coba produk dilakukan dengan uji validasi dan uji lapangan. Hasil uji validasi oleh ahli kurikulum I dan II didapatkan nilai R (Percentage of agreement) rata-rata validator sebesar 81,53%. Hasil prestes dan post test setelah di analisis menggunakan. Menurut jumlah responden atau siswa diatas yang terdapat 22 siswa saja, maka uji normaltas yang digunakan adalah Shapiro-Wilk. Nilai signifikansi (Sig.) pada uji Shapiro-Wilk Pre test maupun Post test, adalah diatas ( p > 0.05), sehingga berdasarkan uji normalitas Shapiro-Wilk data berdistribusi normal. Artinya, tidak ada penurunan (pengurangan) dan sebanyak 22 siswa mengalami peningkatan nilai Bahasa arab setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang menerapkan kurikulum pembelajaran Bahasa arab berbasis project based leraning. Adapun hasil angket respon peserta didik kelas VIII MTs Amdadiyah terhadap penerapan kurikulum Bahasa arab berbasis project based learning memperoleh persentase 86,06% yang dikategorikan “sangat layak”. Kata Kunci : Project Based Learning, Bahasa Arab, Kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qintan Emilia Sholihah
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:15
Last Modified: 08 Dec 2023 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item View Item