Analisis Hadith-Hadith Tarbawi Dalam Kitab Mukhtar Al- Ahadith An-Nabawiyah Wa Al-Hikam Al-Muhammadiyah

Shoimah, Dyah Nafidatus (2023) Analisis Hadith-Hadith Tarbawi Dalam Kitab Mukhtar Al- Ahadith An-Nabawiyah Wa Al-Hikam Al-Muhammadiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932123919_bab1.pdf

Download (826kB)
[img] Text
932123919_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
932123919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
932123919_bab4.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932123919_daftarpustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932123919_Surat Pernyataan.pdf

Download (697kB)

Abstract

Persoalan pendidikan Islam terus menjadi perhatian dimana semakin berkembangnya zaman nilai-nilai keislaman semakin mengalami kemerosotan. Masyarakat dipandang perlu meninjau keteladan Rasulullah yang terangkum dalam hadith-hadith nabi. Salah satu buku yang menghimpun hadith-hadith nabi yaitu kitab Mukhtar al-Ahadith an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah yang isinya terhimpun dari kitab hadith shohih. Namun, kitab tersebut tidak banyak dikaji dalam lembaga pendidikan Islam dan pembahasan dalam kitab tersebut masih global. Maka dari itu perlu adanya karya baru yang lebih praktis dan sistematis yang membahas tentang hadith tarbawi guna mempermudah masyarakat dalam mengkaji dan memahami hadith tentang pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kitab Mukhtar al-Ahadith an-Nabawiyah wa al-Hikam al-Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis teks hadith, yakni pembahasan terhadap informasi dalam hadith yang dalam hal ini sumber primernya adalah kitab Mukhtar al-Ahadith an-Nabawiyah wa al- Hikam al-Muhammadiyah karya Sayyid Ahmad al-Hasyimi dan sumber sekundernya adalah maktabah syamilah, buku-buku, artikel, jurnal yang berhubungan dengan teori penelitian ini.Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat 5 (lima) macam nilai-nilai pendidikan yang tercantum dalam tema-tema pendidikan yaitu kewajiban belajar, tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, materi pendidikan, pendidik dan peserta didik, dan lingkungan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dyah Nafidatus Shoimah
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:34
Last Modified: 04 Sep 2023 04:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9851

Actions (login required)

View Item View Item