Mayori, Jesiana Ayu Lintang (2023) Potret Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Plosoklaten Dalam Menyelesaikan Soal Non Rutin Pada Materi Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Adversity Quotient. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307119_bab1.pdf Download (369kB) |
|
Text
932307119_bab2.pdf Download (762kB) |
|
Text
932307119_bab3.pdf Download (522kB) |
|
Text
932307119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932307119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text
932307119_bab6.pdf Download (157kB) |
|
Text
932307119_daftar_pustaka.pdf Download (407kB) |
|
Text
932307119_surat pernyataan.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Plosoklaten dalam menyelesaikan soal matematika bertipe non rutin pada materi barisan dan deret ditinjau dari Adversity Quotient. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Plosoklaten, Kabupaten Kediri dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari pemberian tes kemampuan berpikir kritis, wawancara, dan pemberian angket untuk mengukur Adversity Quotient. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara, dan lembar angket Adversity Quotient. Untuk pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur pengambilan data dimulai dari pemberian tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 4 soal kepada siswa XI-MIPA 3 sebanyak 36 orang yang sebelumnya telah divalidasi, kemudian peneliti juga memberikan angket Adversity Quotient. Hasil tes dan angket Adversity Quotient dilakukan dianalisis dan dihasilkan 6 subjek siswa yang terdiri dari 2 orang siswa climber, 2 orang siswa camper, dan 2 orang siswa quitter untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan tingkat Adversity Quotient tinggi (Climber) dapat menyelesaikan 4 soal bertipe non rutin dan memenuhi indikator berpikir kritis: clarification, assessment, strategy, dan inference yang masing-masing dalam kategori tinggi. Siswa berdasarkan dengan Adversity Quotient sedang (Camper) dapat menyelesaikan 4 soal bertipe non rutin dan memenuhi indikator berpikir kritis: clarification dalam kategori sedang, assessment dalam kategori sedang, strategy dalam kategori sedang, dan inference dalam kategori tinggi. Siswa dengan tingkat Adversity Quotient rendah (Quitter) memenuhi indikator berpikir kritis: clarification dalam kategori sedang, assessment dalam kategori sedang, strategy dalam kategori rendah, dan inference dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Jesiana Ayu Lintang Mayori |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9848 |
Actions (login required)
View Item |