Pengembangan Media “Tawa 3d” (Taman Satwa 3 Dimensi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jensi Makanannya Dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di MI Al Ulya Kelutan Kabupaten Nganjuk

Rohmah, Alfi Nur (2023) Pengembangan Media “Tawa 3d” (Taman Satwa 3 Dimensi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jensi Makanannya Dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di MI Al Ulya Kelutan Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605919_prabab.pdf

Download (982kB)
[img] Text
932605919_bab1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932605919_bab2.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932605919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
932605919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932605919_bab5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932605919_daftarpustaka.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932605919_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932605919_Lembar Pernyataan.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pengembangan Media pembelajaran Taman Satwa 3 Dimensi pada mata pelajaran IPA di MI Al Ulya dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, dan keefektifan media taman satwa 3 dimensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI AL Ulya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaliation ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli meda memperoleh persentase sebesar 83% kategori valid. Uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 80% kategori valid dan uji validasi soal memperoleh persentase sebesar 90% kategori sangat valid. Kemudian hasil angket siswa kelompok kecil memperoleh persentase 88% kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 91% kategori sangat layak. Untuk hasil pre-test dan post-test kelompok kecil memperoleh skor 0,81 atau 81,7% kategori efektif dan kelompok besar memperoleh skor 0,79 atau 79,2% kategori efektif. Sehingga dengan demikian media taman satwa 3 dimensi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al Ulya pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfi Nur Rohma
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:28
Last Modified: 18 Aug 2023 08:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item