Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Error Analysis Pada Materi Statistika Kelas X Ditinjau Dari Gaya Belajar

Gunawan, Nabila Elsa (2023) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Error Analysis Pada Materi Statistika Kelas X Ditinjau Dari Gaya Belajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300419_prabab.pdf

Download (990kB)
[img] Text
932300419_bab1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932300419_bab2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932300419_bab3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932300419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
932300419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932300419_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932300419_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932300419_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932300419_sp.pdf

Download (175kB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya pendidikan matematika di Indonesia dapat dilihat dari kemampuan siswa terhadap penyelesaian soal matematika, yaitu adanya kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal matematika, termasuk pada materi statistika. Siswa yang melakukan kesalahan perlu dilakukan analisis karena untuk mengetahui letak kesalahan saat mengerjakan soal. Kemudian dari hasil analisis tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran ke depannya, sehingga guru dapat menekankan pembahasan materi yang lebih mendalam dan kesalahan tersebut tidak akan terulang kembali. Dalam menganalisis kesalahan siswa pada penyelesaian soal, salah satunya dapat menggunakan teori Newman Error Analysis. Selain itu, kemampuan siswa terhadap penyelesaian soal dapat dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika kelas X berdasarkan teori Newman Error Analysis yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-PHT 1 SMKN 2 Kota Kediri. Kemudian peneliti memilih 6 subjek yang terdiri dari 2 subjek pada masing-masing gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik sebagai perwakilan dalam kegiatan wawancara bersama peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar, soal tes materi statistika berupa 3 butir soal berbentuk uraian, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil analisis dan pembahasan yang didefinisikan berdasarkan kesalahan menurut teori Newman Error Analysis ditinjau dari gaya belajar diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa kelas X-PHT 1 dengan gaya belajar visual yaitu kesalahan membaca, transformasi, dan penulisan jawaban akhir. Kemudian kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya belajar auditorial yaitu kesalahan memahami dan proses. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya belajar kinestetik yaitu kesalahan pada penulisan jawaban akhir. Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk lebih mengenal gaya belajar siswa dan sering memberikan latihan soal beserta pembahasan agar siswa dapat mengukur kemampuan yang dimiliki dan mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan ketika mengerjakan soal sehingga ke depannya kesalahan tidak akan terulang kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics (Statistik Terapan)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Nabila Elsa Gunawan
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:59
Last Modified: 18 Aug 2023 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9651

Actions (login required)

View Item View Item