Maghfiroh, Nur Lailatul (2023) Efektivitas Scientific Approach Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Plemahan pada Materi Turunan Fungsi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300319_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932300319_bab1.pdf Download (608kB) |
|
Text
932300319_bab2.pdf Download (495kB) |
|
Text
932300319_bab3.pdf Download (508kB) |
|
Text
932300319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text
932300319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
932300319_bab6.pdf Download (95kB) |
|
Text
932300319_daftarpustaka.pdf Download (312kB) |
|
Text
932300319_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
932300319_sp.pdf Download (407kB) |
Abstract
Nur Lailatul Maghfiroh, Dosen Pembimbing Agus Miftakus Surur, S.Si., M.Pd., dan Nalsa Cintya Resti, M.Si., Efektivitas Scientific Approach Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Plemahan. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Scientific Approach, Motivasi belajar, Hasil belajar Dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya mendapatkan hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan tidak ada motivasi atau daya dukung yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran, dan dengan penggunaan scientific approach dalam pembelajaran diyakini dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas scientific approach terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan penelitian Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah kelas XI Sosial 3 SMAN 1 Plemahan dengan siswa berjumlah 34 siswa, 10 siswa sebagai uji coba dan 24 sebagai sampel tetap. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari 2023. Teknik pengambilan data yakni dengan menggunakan angket, tes, dokumentasi dan observasi yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Scientific Approach efektif terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung = -33,220 < ttabel = -2.063. 2) Scientific Approach efektif terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung = -27,067 < ttabel = -2.063. 3) Besaran dari keefektivitasan dari Scientific Approach pada motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan nilai 0,5941 dan cukup efektif dengan nilai 59.4107, sedangkan pada hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai 0.8128 dan efektif dengan nilai 81.2775.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Nur Lailatul Maghfiroh |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:38 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9568 |
Actions (login required)
View Item |