Sa'adah, Yuni Alfiyatus (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Dinding Siput (Simetri Lipat Dan Simetri Putar) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III SD Islam Bandar Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610319_prabab.pdf Download (242kB) |
|
Text
932610319_bab1.pdf Download (112kB) |
|
Text
932610319_bab2.pdf Download (147kB) |
|
Text
932610319_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
932610319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
932610319_bab5.pdf Download (69kB) |
|
Text
932610319_daftarpustaka.pdf Download (92kB) |
|
Text
932610319_sp.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berupa hiasan dinding berisi materi simetri lipat dan simetri putar yang layak digunakan. dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri lipat dan simetri putar peserta didik kelas III SD Islam Bandar Kidul. Media ini dapat menarik perhatian peserta didik karena peserta didik dapat melipat dan memutar sendiri bangun datar untuk mencari simetri lipat dan simetri putar. Dinding SIPUT (simetri lipat dan simetri putar) dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif pada mata pelajaran matematika di kelas III SD/MI. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi proses Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengembangan media pembelajaran melalui uji kelayakan produk dengan cara validasi oleh beberapa ahli. Kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Kelompok kecil terdiri dari 4 peserta didik kelas III SD Tahfidz Al-Mubarok. Kelompok besar terdiri dari 23 peserta didik kelas III SD Islam Bandar Kidul. Media dinding SIPUT (simetri lipat dan simetri putar) yang telah dikembangkan melalui validasi media dan materi. Validasi media menunjukkan persentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat layak. Validasi materi menunjukkan persentase sebesar 95,83% berkategori sangat layak. Hasil validasi instrumen pretest dan posttest menunjukkan persentase sebesar 98,33% dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan nilai rata-rata pretest 45,4 menjadi 80,3 pada posttest. Kategori pretest menunjukkan “rendah” dan pada posttest mendapat kategori “tinggi”. Pada uji coba kelompok besar menunjukkan nilai rata-rata pretest 36,1 menjadi 80,6 pada posttest. Kategori pretest menunjukkan “sangat rendah” dan pada posttest mendapat kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan media dinding siput layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Islam Bandar Kidul.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yuni Alfiyatus Sa'adah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9549 |
Actions (login required)
View Item |