Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan media manipulatif konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Gurah

Gunawan, Yintan Auliya Umayanti (2023) Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan media manipulatif konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300819_bab1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
932300819_bab2.pdf

Download (720kB)
[img] Text
932300819_bab3.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932300819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
932300819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
932300819_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932300819_daftar_pustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932300819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Materi segiempat dan segitiga merupakan salah satu materi geometri dasar yang perlu dikuasai oleh siswa karena berkaitan dengan materi matematika lainnya dan berhubungan dengan permasalahan kontekstual yang dekat dengan siswa. Namun demikian pemahaman konsep materi ini masih cukup rendah di SMP Negeri 1 Gurah, oleh karena itu diperlukan penelitian yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan media manipulatif konkret dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain non equivalent control group design. Sampel yang dipilih berasal dari populasi yang terdiri dari siswa kelas VII-A sampai kelas VII-J dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling, hingga diperoleh dua sampel yakni kelas VII-I sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-J sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa RPP, LAS (Lembar Aktivitas Siswa), serta lembar tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data menggunakan normalized-gain (N-Gain) dan Uji Independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini yakni model pembelajaran discovery learning berbantuan media manipulatif konkret lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan model pembelajaran konvensional, dengan persentase masing-masing 79.33% dengan kategori efektif dan 23.20% dengan kategori tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yintan Auliya Umayanti G
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:38
Last Modified: 14 Aug 2023 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9522

Actions (login required)

View Item View Item