Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Pengguna Aplikasi Tiktok Di MTs Al Fajar Kandat

Anggraini, Meliana (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Pengguna Aplikasi Tiktok Di MTs Al Fajar Kandat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107019_prabab.pdf

Download (646kB)
[img] Text
932107019_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
932107019_bab2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932107019_bab3.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932107019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
932107019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
932107019_bab6.pdf

Download (39kB)
[img] Text
932107019_daftarpustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932107019_lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
932107019_sp.pdf

Download (339kB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah adanya permasalahan di MTs Al Fajar Kandat terkait sebuah aplikasi yang saat ini sangat populer yaitu TikTok. Sebuah platform video musik yang banyak diminati oleh siswa yang mana dilengkapi dengan beberapa efek dan berbagai fitur musik yang menarik. Efek kecanduan dari aplikasi tersebut membuat siswa berperilaku tidak baik seperti berkata-kata kasar dan tidak sopan terhadap guru. Hal tersebut tentu menjadi persoalan yang harus dicermati yang mana berkurangnya perilaku atau akhlak siswa terhadap guru. Oleh karena itu, diperlukan adanya peran dari Guru Akidah Akhlak sebagai langkah awal dari pembinaan agar terwujudnya akhlak yang baik terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dari guru Akidah Akhlak dalam pembinaan akhlak terhadap siswa pengguna Aplikasi TikTok. Pendekatan dalam penelitian merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun jenis dari penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi melalui proses data seperti Reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi/penarikan kesimpulan (verification/conclusion drawing). Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) kegiatan pembinaan akhlak terhadap siswa pengguna TikTok di MTs Al Fajar Kandat dilaksanakan menjadi dua pembinaan yaitu didalam kelas dan diluar kelas. Adapun kegiatan didalam kelas dilakukan dengan kegiatan KBM seperti internalisasi nilai pembelajaran. Sedangkan diluar kelas dilakukan pembiasaan kepada siswa seperti sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keislaman atau webinar, metode teladan atau contoh, serta metode teguran dan hukuman. 2) Adapun dampak dari pembinaan akhlak pada siswa pengguna Tikok yakni dari segi positif secara tindak perbuatan, keagamaan dan prestasi dari siswa menjadi lebih baik, sedangkan dari segi negatif perilaku siswa yang berbeda ketika berada diluar lingkungan sekolah karna guru hanya mampu mengawasi siswa ketika berada disekolah saja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MELIANA ANGGRAINI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:57
Last Modified: 11 Aug 2023 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9478

Actions (login required)

View Item View Item