Najib, Moh. Ainun (2023) فعالية استخدام الوسيلة السمعية البصرية كمادة المراجعة لترقية قدرة قواعد اللغة العربية لدى طلاب الفصل الثامن بالمدرسة روضة الطلبة كولاك عاديلويه كديري عام دراسي2022/2023م. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932504019_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504019_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504019_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504019_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932504019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932504019_bab6.pdf Download (287kB) |
|
Text
932504019_Daftarpustaka.pdf Download (653kB) |
|
Text
932504019_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (131kB) |
Abstract
Moh. Ainun Najib (932504019) : Dosen Pembimbing (1) Dr. Ahmad Rifa’i, M.Pd, dan (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd. “Efektifitas Penggunaan Media Audio-Visual sebagai referensi untuk Meningkatkan kemampuan Qawa’id Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Roudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023 Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Audio-Visual, Qawa’id Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan qawa’id bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Roudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri. Hal ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kemampuan qawa’id bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Roudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri. (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan qawa’id Bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Design yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan model one group pre test-post test design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan guna mengetahui hasil perlakuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan tata bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Roudlatut Tholabah Kolak Ngadiluwih Kediri setelah dilakukan pre-test diperoleh rata-rata 60,15. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya qawa’id masih tergolong rendah. (2) Setelah hasil pre test dan post test dan berdasarkan uji (t) menggunakan statistik IBM SPSS 26, hipotesis penelitian terbukti signifikan Sig. < 0,05 dimana Ho ditolak dan H1 disetujui. hasil (2-tailed) Asyimp.Sig. Nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05. Hipotesis diterima dan juga (H1) artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan hasil penggunaan audiovisual. Dan hasil dari perhitungan (N - Gain) adalah 62,46 atau 60% dalam kategori sangat efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan kemampuan qawa’id bahasa Arab siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Moh Ainun Najib |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9209 |
Actions (login required)
View Item |