Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Organ Tubuh Hewan Siswa Kelas V MI Al-Ikhlas Blabak

Saadah, Naily (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Organ Tubuh Hewan Siswa Kelas V MI Al-Ikhlas Blabak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932600319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932600319_Bab1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
932600319_bab2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
932600319_bab3.pdf

Download (634kB)
[img] Text
932600319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932600319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
932600319_bab6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932600319_daftarpustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932600319_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932600319_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Organ Tubuh Hewan Siswa Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes (pretest dan posttest) berbentuk soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen telah divalidasi oleh 2 orang ahli dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil tes kemudian dilakukan uji parametric yaitu uji paired sample t-test dan diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Mind Mapping, diamati dari rata-rata nilai posttest lebih besar dari pada nilai pretest sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran yang digunakan, maka dilakukan uji cohen dan diperoleh nilai effect size sebesar 0,943, dan nilai tersebut berada pada kategori efektifitas tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naily Saadah
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:22
Last Modified: 21 Jul 2023 07:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9190

Actions (login required)

View Item View Item