Peranan Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Anggota Ekstrakurikuler Majelis Taklim Di SMAN 1 Pace Nganjuk

Choiriyah, Nur Rofik Atul (2023) Peranan Guru PAI Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Anggota Ekstrakurikuler Majelis Taklim Di SMAN 1 Pace Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108519_prabab.pdf

Download (721kB)
[img] Text
932108519_bab1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
932108519_bab2.pdf

Download (704kB)
[img] Text
932108519_bab3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932108519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
932108519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
932108519_bab6.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932108519_daftar_pustaka.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932108519_lembar persetujuan publikasi karya ilmiah.pdf

Download (142kB)

Abstract

Karakter religius merupakan hal yang sangat penting diterapkan di lingkungan masyarakat, sekolah dan tempat kerja. Dalam lingkungan sekolah peran guru PAI sangat dibutuhkan dalam meningkatkan karakter religius terutama pada peserta didiknya. Peningkatan ini dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada di masing-masing sekolah. Salah satu ekstrakurikuler yang dapat membentuk karakter reiligius adalah yang berbasis religi atau keagamaan, salah satu contohnya adalah majelis taklim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Guru PAI sebagai pembimbing dalam meningkatkan karakter religius seperti Ibadah ,keyakinan Agama, pengetahuan agama, pengalaman dalam beragama dan konsekuensi pada anggota ekstrakurikuler majelis taklim SMAN 1 Pace Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu Guru PAI sekaligus pembina ekstrakurikuler majelis taklim dan anggota ekstrakurikuler majelis taklim sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi saat penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data fenomenologi. Pengecekan keabsahan data yang diguanakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru PAI sebagai pembimbing dalam meningkatkan karakter religius dibagi 5 unsur antara lain :(1) meningkatkan karakter ibadah dilakukan dengan pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur berjama’ah dan penjadwalan muadzin saat shalat dhuhur,(2)meningkatkan keyakinan agama dilakukan dengan mengaji kitab Mabadi Fiqih dan dikaitkan dengan problem solving dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis, (3) meningkatkan pengetahuan agama dilakukan dengan adanya progam tajwid dan ziarah ke makam wali lima, (4) meningkatkan pengalaman beragama dengan mengadakan acara konferensi dan re-organisasi serta mengajar mengaji di madin saat bulan ramadhan,(5) meningkatkan karakter konsekuensi dengan memberikan denda Rp 1000,- apabila ada yang tidak mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rofik Atul Choiriyah
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:09
Last Modified: 18 Jul 2023 04:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item