Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Kerja Di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar

Rahmadani, Yuli (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Kerja Di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932404919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932404919_BAB1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932404919_BAB2.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932404919_BAB3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932404919_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932404919_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932404919_BAB6.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932404919_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932404919_surat pernyataan.pdf

Download (222kB)

Abstract

Dalam meningkatkan budaya kerja madrasah yang baik, tidak terlepas dari kepemimpinan kepala madrasah yang dijalankan dengan baik. dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat penting upaya kepemimpinan kepala madrasah yang baik sebagai penggerak dan pelaku dalam meningkatkan budaya kerja pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan inovasi kerja di madrasah ibtidaiyah. 2). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama tim di madrasah ibtidaiyah. 3). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan orientasi hasil kerja di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya kerja di madrasah ibtidaiyah meliputi tiga aspek yakni inovasi kerja, kerjasama tim, dan orientasi hasil kerja. Adapun hasilnya 1) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan inovasi kerja dimulai dengan penerapan budaya kerja melakukan presensi menggunakan grup whatsapp dan mengikuti kegiatan belajar bersama mengaji kitab, selanjutnya melakukan motivasi dengan pemberian reward dan kunjungan ke rumah, 2) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama tim, yakni dengan penetapan struktur organisasi menggunakan voting dan mendelegasikan yang terbaik, antusiasme yang tinggi dengan mengadakan berbagai event yang melibatkan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan madrasah sendiri, dan bentuk konflik beserta penyelesaian konflik, disebabkan karena individu kurang terbuka, upaya yang dilakukan komunikasi langsung dan memberikan umpan balik, 3) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan orientasi hasil kerja dengan penerapan produktivitas kinerja dimana staf tata usaha tidak diperbolehkan menambah tugas sebagai pengajar, penerapan pengawasan yang bersifat tidak terjadwal dengan melakukan pengawasan guru pada saat KBM berlangsung, pengecekan administrasi pada staf tata usaha, dan penerapan evaluasi yang dilakukan secara rutin pada akhir bulan dan sewaktu-waktu dengan menggunakan pendekatan hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tuli Rahmadani
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:23
Last Modified: 10 Jul 2023 08:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item