Rojak, Abdul (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Kegiatan Keagamaan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118919_prabab.pdf Download (223kB) |
|
Text
932118919_bab 1.pdf Download (204kB) |
|
Text
932118919_bab 2.pdf Download (399kB) |
|
Text
932118919_bab 3.pdf Download (110kB) |
|
Text
932118919_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
932118919_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Text
932118919_bab 6.pdf Download (97kB) |
|
Text
932118919_daftarpustaka.pdf Download (233kB) |
|
Text
932118919_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932118919_pernyataanpublikasi.pdf Download (527kB) |
Abstract
ABSTRAK ABDUL ROJAK. Dosen Pembimbing Dr. H. SYAMSUL HUDA, M.Ag dan AHMAD FAHRONI, M.Pd, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus SMAN 1 Prambon Nganjuk). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN kediri 2023. Kata kunci: Peran Guru PAI, Kedisiplinan Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar memahami (knowing), terampil melaksanakan (doing) dan mengamalkan (being) agama Islam melalui kegiatan pendidikan. Dari ketiga aspek tersebut “aspek being” (beragama atau menjalani hidup atas dasar ajaran dan nilai-nilai Islam) yang menjadikan tujuan utama pendidikan agama Islam di Sekolah. Kedisiplinan merupakan ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum, undang undang peraturan, ketentuan dan norma yang berlaku harus disertai kesadaran dan keikhlasan hati. Namun seiring perkembangan zaman nilai kedisiplinan semakin memudar dan tata tertib sekolah hanya sebagai simbol saja. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Prambon. 2) Untuk mengetahui kendala guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data untuk memilih dan memilah mana saja yang berkaitan dengan penelitian, kemudian penyajian data, dan menyimpulkan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan sumber triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan kegiatan keagamaan dengan 1) memberikan teladan dan contoh, 2) memberikan nasehat, 3) memberikan hukuman, 4) membiasakan, 5) memberikan motivasi dan dorongan. Saran peneliti untuk bekerjasama antara pihak sekolah, siswa dan orang tua atau wali murid dalam meningkatkan kedisiplinan kegiatan keagamaan di sekolah, orangtua dan guru memberikan dukungan dan motivasi agar tujuan dapat tercapai dengan baik. Siswa diharapkan mampu mengikuti kegiatan keagamaan, taat dan patuh pada aturan sekolah dan guru sehingga dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan berjalan dengan tertib dan khidmat. Selain itu, dalam kegiatan keagamaan terdapat tujuan dan manfaatnya sehingga tujuan dan manfaat dari kegiatan keagamaan itu sendiri bisa menambah dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah serta mengubah perilaku yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdul Rojak |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:37 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8988 |
Actions (login required)
View Item |