Utami, Ade Lina Putri (2021) تكؤين البيئة في معهد الاضلاح الاسلامي سيندانج اجونج باسيران لامونجان. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932505914_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932505914_bab1.pdf Download (262kB) |
|
Text
932505914_bab2.pdf Download (327kB) |
|
Text
932505914_bab3.pdf Download (220kB) |
|
Text
932505914_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
932505914_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
932505914_bab6.pdf Download (110kB) |
|
Text
932505914_daftarpustaka.pdf Download (192kB) |
|
Text
932505914_sp.pdf Download (323kB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, Adelina Putri. 2021. Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing Skripsi: M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I, Moh. Sholeh Afyuddin, M. Pd.I. Kata Kunci: Lingkungan bahasa arab, pembentukan Lingkungan bahasa arab merupakan segala unsur atau faktor baik materi maupun non materi yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan menjadikan santri semangat untuk meningkatkan bahasa arab dan mendorong mereka untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat memberi pengaruh usahanya untuk mencapai kesuksesan dalam mempelajari bahasa arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan tentang upaya-upaya pembentukan lingkungan bahasa arab di di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. (2) untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan lingkungan bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) upaya yang dilakukan untuk membentuk lingkungan bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan adalah dengan membuat kegiatan-kegiatan bahasa misalnya muhadatsah, menghafal mufrodat baru setiap malam, muhadhoroh, membuat majalah dinding dengan bahasa arab, adanya mata-mata, pengadilan bahasa, dan membuat perlombaan-perlombaan yang menggunakan bahasa arab (cerdas cermat, debat, pidato dan lain-lain). (2) faktor pendukung dalam pembentukan lingkungan bahasa di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan adalah ada yang berasal dari dalam diri dan luar diri. Adapun yang berasal dari dalam diri adalah motivasi dari diri sendiri, kecerdasan. Sedangkan yang berasal dari luar diri adalah lingkungan, guru dan materi pelajaran yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ade Lina Putri Utami |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8980 |
Actions (login required)
View Item |