Muhammad, Khilmi Istarot (2023) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116419_prabab.pdf Download (386kB) |
|
Text
932116419_bab1.pdf Download (438kB) |
|
Text
932116419_bab2.pdf Download (667kB) |
|
Text
932116419_bab3.pdf Download (324kB) |
|
Text
932116419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
Text
932116419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
932116419_bab6.pdf Download (195kB) |
|
Text
932116419_daftarpustaka.pdf Download (417kB) |
|
Text
932116419_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932116419_pernyataanpublikasi.pdf Download (450kB) |
Abstract
ABSTRAK KHILMI ISTAROT MUHAMMAD, Dosen Pembimbing Dr. AHMAD TAUFIQ, S.Ag, M.Si, dan INTAN NUYULIS NAENI PUSPITASARI, M.Pd.I, Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan dampak yang positif bagi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Atas dasar pernyataan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang (1) Bagaimana bentuk lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kaupaten Kediri, (2) Bagaimana tahap pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Pada tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) bentuk lingkungan yang digunakan di SMP Negeri 2 Kandangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII yaitu bentuk lingkungan fisik dan non fisik yang terdiri dari tiga macam lingkungan yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dam masyarakat. bentuk lingkungan fisik tersebut meliputi orang, benda, handphone, musholla, perpustakaan, taman, tempat wudhu, buku, lcd proyektor, masjid, dan buku kegiatan ibadah siswa. Sedangkan bentuk lingkungan non fisik meliputi organisasi masyarakat dan hubungan interaksi yang baik antara guru dengan peserta didik, guru dengan orang tua peserta didik, dan sekolah dengan masyarakat. (2) tahap pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan meliputi: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khilmi Istarot Muhammad |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8949 |
Actions (login required)
View Item |