Jannah, Miftakhul (2023) Implementasi Pendidikan Toleransi Beragama Di SMAN 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138219_prabab.pdf Download (628kB) |
|
Text
932138219_bab1.pdf Download (208kB) |
|
Text
932138219_bab2.pdf Download (315kB) |
|
Text
932138219_bab3.pdf Download (64kB) |
|
Text
932138219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text
932138219_bab5.pdf Download (206kB) |
|
Text
932138219_bab6.pdf Download (47kB) |
|
Text
932138219_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932138219_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
932138219_pernyataanpublikasi.pdf Download (212kB) |
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan perilaku toleransi antar umat beragama yakni dengan diberikannya pendidikan mengenai toleransi. Sebagaimana yang tertera dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2 bahwasanya “negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya”. Sedangkan,kasus radikalisme dan intoleransi yang sudah mulai meracuni pendidikan di Indonesia yaitu melarang siswa yang beragama Islam mengenakan jilbab. Dalam fokus penelitian yang diteliti adalah 1) Apa makna pendidikan toleransi beragama bagi siswa muslim dan nonmuslim di SMAN 6 Kota Kediri. 2) Bagaimana penerapan pendidikan toleransi beragama yang dilakukan di SMAN 6 Kota Kediri. 3) Bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diajarkan pendidikan toleransi beragama di SMAN 6 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi terkait dengan fokus penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam kriteria pengecekan keabsahan data ada 3 yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Makna pendidikan toleransi beragama bagi siswa muslim dan nonmuslim di SMAN 6 Kota Kediri berupa 1) Sebuah kebebasan yang diberikan kepada siswa untuk menjalankan keyakinannya dan mengatur hidupnya. siswa menjadikannya sebagai pedoman hidup yang penting karena toleransi agama yang dapat berguna untuk siswa kedepannya. 2) Siswa dapat saling memahami adanya perbedaan karena siswa akan menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pendidikan toleransi beragama yang dilakukan di SMAN 6 Kota Kediri dengan melalui diantaranya: 1) Kurikulum pendidikan 2013, 2) Setiap hari jum`at mengadakan kegiatan do`a bersama, 3) Kegiatan bulan ramadhan bagi siswa muslim dan nonmuslim, 4) Siswa muslim pembelajaran PAI, sedangkan siswa nonmuslim pembelajaran PAK di ruang agama. Perubahan perilaku siswa setelah diajarkan pendidikan toleransi beragama di SMAN 6 Kota Kediri diantaranya: 1) Mengetahui batasan dalam sikap toleransi, 2) Menjadi lebih terbuka satu sama lain, 3) Rasa persaudaraan antar sesama teman semakin kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miftakhul Jannah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:14 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8947 |
Actions (login required)
View Item |