Setiawan, Dicky Adi (2023) Pengaruh Suasana Kelas Terhadap Keefektifan dan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Pawyatan Daha 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932403919_prabab.pdf Download (737kB) |
|
Text
932403919_bab1.pdf Download (261kB) |
|
Text
932403919_bab2.pdf Download (214kB) |
|
Text
932403919_bab3.pdf Download (333kB) |
|
Text
932403919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text
932403919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
932403919_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
932403919_daftar_pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text
932403919_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932403919_lembarpernyataan.pdf Download (881kB) |
Abstract
DICKY ADI SETIAWAN. Dosen Pembimbing Bapak Zainal Fanani, S.Pd. M.Pd.I dan Ibu Siska Yulia Weny, M.Ak., Pengaruh Suasana Kelas Terhadap Keefektifan dan Mutu Pembelajaran di SMKS Pawyatan Daha 3 Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Suasana Kelas, Keefektifan, Mutu Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pengaruh suasana kelas terhadap keefektifan pembelajaran di SMKS Pawyatan Daha 3 Kediri; (2) Untuk mengetahui tingkat pengaruh suasana kelas terhadap mutu pembelajaran di SMKS Pawyatan Daha 3 Kediri; dan (3) Untuk mengetahui tingkat pengaruh suasana kelas terhadap keefektifan dan mutu pembelajaran di SMKS Pawyatan Daha 3 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian analisis korelasional. Populasi pada penelitian ini sebesar 216 siswa SMKS Pawyatan Daha 3 Kediri yang terdiri dari Kelas X dan XI Multimedia/DKV dan TKJ dengan sampel sejumlah 140 siswa kelas X dan XI Multimedia/DKV dan TKJ. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan berupa observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan jenis analisis regresi sederhana dan Multivariat ANOVA dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa variabel suasana kelas atau variabel X memiliki hubungan positif dalam mempengaruhi variabel Y1 atau variabel Keefektifan Pembelajaran dengan nilai pengaruh sebesar 31.6%, kemudian variabel suasana kelas atau variabel X memiliki hubungan positif dalam mempengaruhi variabel Y2 atau variabel Mutu Pembelajaran dengan nilai pengaruh sebesar 25.6%. sehingga secara bersama-sama, variabel suasana kelas berhubungan positif dalam mempengaruhi variabel keefektifan pembelajaran dan variabel mutu pembelajaran dengan nilai pengaruh sebesar 17.5% -17.9%. sehingga dapat disimpulkan bahwa suasana kelas yang terjadi didalam kelas turut andil dalam mempengaruhi efektif tidaknya suatu pembelajaran dan kualitas pembelajaran dalam kelas tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dicky Adi Setiawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:12 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
View Item |