Zulaikah, Siti (2022) Strategi Guru Kelas Dalam Mengembangkan Ketrampilan 4c (Critical Thinking, Communication, Collaboration And Creativity) Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Ngreco Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604918_prabab.pdf Download (688kB) |
|
Text
932604918_bab1.pdf Download (652kB) |
|
Text
932604918_bab2.pdf Download (376kB) |
|
Text
932604918_bab3.pdf Download (361kB) |
|
Text
932604918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
|
Text
932604918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
|
Text
932604918_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
932604918_daftarpustaka.pdf Download (420kB) |
|
Text
932604918_sp.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa strategi pembelajaran yang dikembangkan dengan tujuan agar peserta didik mempunyai keterampilan sesuai abad 21 atau keterampilan 4C. Pengembangan strategi tersebut juga menyesuaikan kondisi di lapangan, dan menyesuaikan karakteristik siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkapkan bentuk strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan keterampilan 4C pada siswa kelas III; (2) Mengetahui hasil penerapan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan 4C pada siswa kelas III. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data primer dari penelitian ini adalah guru kelas setiap rombel jenjang kelas III, dan wakil kepala bidang kurikulum. Data sekunder berasal dari gambaran umum sekolah seperti histori dan geografi, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, profil sekolah, dan sarana prasarana di sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking): memberikan persoalan kepada siswa, membimbing siswa dalam mengidentifikasi persoalan dan menganalisis pendapat, mengajak berdiskusi untuk membuat keputusan akhir, memberikan kesempatan mencari sumber yang dapat dipercaya untuk menguatkan suatu pendapat. Keterampilan komunikasi (Communication): mengajak siswa berdiskusi, membimbing siswa menyampaikan pendapatnya atau mempresentasikan hasil diskusi, dan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Keterampilan kolaborasi (Collaboration): disebut strategi cooperative learning yakni membebaskan siswa bertukar pendapat. Keterampilan kreatif (Creativity) adalah memberikan penjelasan kepada siswa, membiasakan membaca buku, dan beradu pendapat; 2) Hasil dari penerapan strategi adalah dapat dikatakan sudah baik. Melalui strategi yang diterapkan terlihat bahwa siswa telah dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lebih berani untuk berpendapat, lebih kreatif dalam memberikan jawaban ataupun dalam bidang keterampilannya. Melalui penerapan strategi ini hasil yang didapat adalah anak-anak sudah mampu dalam menyampaikan pendapatnya, mampu bertukar pendapat dengan teman-temannya, mampu mengkomunikasikan hasil diskusinya, mampu menangkap materi yang diberikan guru dan lebih kreatif dalam memberikan jawaban juga menggunakan tata bahasa yang baik dalam penyampaiannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Zulaikah |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 04:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8800 |
Actions (login required)
View Item |