Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Index Card Match Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa

Abror, Ahmad Muna'am (2023) Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Index Card Match Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305519_bab1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932305519_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932305519_bab3.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932305519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
932305519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
932305519_bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
932305519_daftarpustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932305519_sp.pdf

Download (338kB)

Abstract

AHMAD MUNA’AM ABROR, Dosen Pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom. dan Dr. Noer Hidayah, M.Si., Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Example non Example dengan Index Card Match terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Model pembelajaran, example non example, index card match, penguasaan konsep matematika Pendidikan adalah salah satu instrumen penting dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang positif dalam hidup. Namun, saat ini masih terdapat permasalahan dalam sistem pendidikan, salah satunya adalah rendahnya pemahaman matematika siswa. Kolaborasi model pembelajaran example non example dengan index card match merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan penguasaan konsep matematika siswa yang masih rendah. Model pembelajaran example non example bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan contoh yang tepat dan tidak tepat, sedangkan index card match bertujuan untuk mengaktifkan peserta didik selama proses pembelajaran dengan cara mencocokkan soal dengan jawaban melalui media kartu matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kolaboratif model example non example dengan index card match terhadap kemampuan penguasaan konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam proses pengambilan sampelnya, peneliti menggunakan sampel kelas VIII K sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesisnya. Sebelum dilakukan uji hipotesis, peneliti melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan output data SPSS pada perhitungan uji Independent Sample T-Test dapat diketahui bahwa mean (rata-rata) pada kelompok kontrol adalah 67,50, sedangkan mean (rata-rata) pada kelompok eksperimen adalah 77,50. Berdasarkan paparan nilai rata-rata tersebut, diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata pada kelompok kontrol dengan signifikansi p>0,05 sebesar 0,809. Dari perhitungan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran example non example dengan index card match berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika siswa di Kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ahmad Muna'am Abror
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:47
Last Modified: 26 Jun 2023 07:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8735

Actions (login required)

View Item View Item