Muzaki, Muhamad (2022) مشكلات إتقان المفردات وعلاجها في الفصل الثاني بالمدرسة الإسلامية المتوسطة عبدالله سوكوأيار موجو كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932504217_Prabab.pdf Download (489kB) |
|
Text
932504217_bab1.pdf Download (354kB) |
|
Text
932504217_bab2.pdf Download (439kB) |
|
Text
932504217_bab3.pdf Download (440kB) |
|
Text
932504217_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
Text
932504217_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
932504217_bab6.pdf Download (321kB) |
|
Text
932504217_daftar_pustaka.pdf Download (404kB) |
|
Text
Surat persetujuan publikasi (1).pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Muzaki, Muhammad. 2022. Problematika Penguasaan Mufrodat dan Solusinya Di Kelas II MTs Abdullah Mojo Kediri, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultar Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) M. Syamsul Ma’arif,M.Pd.I dan (2) Bagus Andrian Permata,M.Pd.I. Kata Kunci: Problematika Pembelajaran Mufrodat, Kelas II, Solusi. Pembelajaran mufrodat merupakan salah satu hal yang penting dalam proses seseorang belajar bahasa Arab karena ia merupakan salah satu unsur yang mendukung siswa untuk mencapai kesuksesan dalam mempelajari bahasa tersebut. Faktanya, dalam kegiatan pembelajaran mufrodat, baik guru dan siswa kerap kali menemukan problem dalam hal penyampaian maupun penerimaan materi mufrodat bahasa Arab. hal ini juga yang terjadi pada siswa di kelas II MTs Abdullah Mojo Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan problemproblem yang terjadi di kelas tersebut selama pembelajaran mufrodat bahasa Arab serta solusi yang ingin diberikan oleh peneliti agar dapat mengatasi problem tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan hasil wawancara dengan guru dan siswa di kelas II MTs Abdullah Mojo Kediri sebagai sumber data primer dan buku serta jurnal lain yang mendukung sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa problem yang terjadi pada pembelajaran mufrodat di kelas II Abdullah Mojo Kediri yaitu rendahnya minat belajar siswa, sulit menghafalkan mufrodat, kemampuan siswa yang berbeda-beda, metode pengajaran yang terlalu sederhana. Adapun 2. Faktorfaktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran mufrodat di kelas 8 MTs Abdulloh Mojo Kediri terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal. Adapun faktor intrinsik yaitu Motivasi belajar siswa yang rendah, Persepsi siswa bahwa bahasa arab itu sulit, Malas menghafal mufrodat dan Kurangnya konsentrasi. Dan adapun faktor ekstrinsik yaitu Latar belakang siswa yang berbeda-beda, Buku paket ataupun materi kosa kata yang dirasa sulit, Waktu dan jam pelajaran yang terbatas dan Guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi. Solusi yang guru tawarkan untuk mengatasi problem tersebut adalah meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa, menggunakan media atau alat bantu yang memudahkan siswa menghafal mufrodat, memberi jam tambahan khusus dan menggunakan metode yang menarik siswa untuk semangat belajar mufrodat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhamad Muzaki |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 02:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 02:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8681 |
Actions (login required)
View Item |