Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Simpanan Mudharabah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat Kediri

Cahya, Sufy Zanuar Eka (2022) Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Simpanan Mudharabah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931410616_PRABAB.pdf

Download (648kB)
[img] Text
931410616_BABI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
931410616_BABII.pdf

Download (207kB)
[img] Text
931410616_BABIII.pdf

Download (242kB)
[img] Text
931410616_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
931410616_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
931410616_BABVI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
931410616_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Sufy Zanuar Eka Cahya, dosen pembimbing Sri Anugrah Natalina, SE, MM., dan Ning Purnama Sariati, MEI., Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Simpanan Mudharabah Di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat Kediri, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2022. Kata Kunci: Kepercayaan, Loyalitas, Mudharabah Baitul Maal Wat Tamwil Kepercayaan merupakan suatu hubungan antara perusahaan dengan konsumen, yang bekerjasama sebagai mitra bisnis jangka panjang. Dimana konsumen memiliki keyakinan bahwa perusahaan tidak akan bertindak oportunisme, dan lebih menjaga hubungan baik dengan konsumen. Menurut Jill Griffin, loyalitas adalah perilaku dari tiap-tiap pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang/jasa pada suatu perusahaan yang dipilih. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis bagaimana kepercayaan anggota simpanan mudharabah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat. 2) Untuk menganalisis bagaimana loyalitas anggota simpanan mudharabah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat. 3) Untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas anggota simpanan mudharabah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Rahmat Kediri. Peneliti memakai jenis penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anggota yang melakukan transaksi simpanan mudharabah di BMT Rahmat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan kriteria anggota yang melakukan pembelian diluar produk lini atau jasa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 241 anggota. Hasil analisis statistik variabel kepercayaan memiliki Mean senilai 60,17 variabel loyalitas memiliki Mean senilai 59,13. Hasil perhitungan analisis korelasi senilai 0,731, uji regresi sederhana memperlihatkan nilai koefisien konstanta sebesar 18,679 dan koefisien variabel X sebesar 0,672 sehingga diperoleh persamaan regresi Y=18,679+0,672X. Kemudian uji t diketahui thitung senilai 16,557 lebih besar dari ttabel senilai 1,651254 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas anggota simpanan mudharabah BMT Rahmat, dengan persentase sumbangan pengaruh variabel bebas yaitu kepercayaan terhadap variabel terikat yaitu loyalitas sebesar 53,4% itu artinya menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel. Sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012706 Musyarakah, Syirkah, Mudharabah (Joint Venture)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Sufy Zanuar Eka Cahya
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:24
Last Modified: 19 Jun 2023 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item