Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Mirrorless Sony: Studi Kasus Pada Komunitas SHOTTER Kediri

Nisa, Fistalia Khoirun (2021) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Mirrorless Sony: Studi Kasus Pada Komunitas SHOTTER Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931320915_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931320915_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
931320915_bab2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
931320915_bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
931320915_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
931320915_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
931320915_bab6.pdf

Download (175kB)
[img] Text
931320915_daftarpustaka.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kelompok Referensi adalah semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut. Kelompok referensi berfungsi sebagai referensi seseorang dalam mengambil keputusan pembelian dan konsumsi. Kelompok referensi bagi seseorang bisa terdiri dari satu orang atau lebih. Pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian timbul karena adanya kebutuhan dan keinginan untuk memiliki suatu produk atau jasa. Keputusan pembelian adalah keputusan pembelian konsumen akhir perorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui kelompok referensi anggota komunitas SHOTTER Kediri membeli kamera mirrorless Sony, (2)Untuk mengetahui keputusan pembelian kamera mirrorless Sony pada anggota komunitas SHOTTER Kediri, (3)Untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kamera mirrorless Sonypada anggota komunitas SHOTTER Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas SHOTTER Kediri, populasi pada penelitian ini berjumlah 110 responden yang menggunakan kamera mirrorless Sony. Adapun metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode simple random sampling, dan penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tabel yang dikembangkan dari teori Isaac dan Michael. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelompok referensi (X) termasuk dalam kategori cukup dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk dalam kategori cukup. Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,791 termasuk dalam kategori korelasi kuat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 4,923 + 0,882X. Adapun hasil perthitungan uji t menunjukkan bahwa kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai pengaruh sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya sebesar 37,4% dijelaskan dengan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Fistalia Khoirun Nisa
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:22
Last Modified: 12 Jun 2023 04:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item