Azizah, Fandria Aksioma (2017) Pesan Dakwah pada Akun Instagram @beraniberhijrah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. Cover_2. Lembar pengesahan DLL.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (646kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB VI.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text
daftar konsultasi pembimbing 1_Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
Abstract
Bagi setiap muslim, dakwah merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan. Aldilla Darma Wijaya misalnya, Aldilla merupakan pemuda yang awalnya tidak memiliki ilmu agama secara mendalam sehingga dia mulai mencari ilmu tentang agama melalui ustadz yang ia kenal. Proses hijrahnya inilah dia juga ingin mengajak orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dewasa ini banyak anak muda yang menggunakan media sosial instagram untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga mendorong Aldilla untuk menyebar kebaikan dengan membuat akun instagram @beraniberhijrah. Akun ini telah memiliki 1 juta pengikut yang terus bertambah setiap harinya. Melalui akun @beraniberhijrah Aldilla juga berhasil merambah media dakwah dengan menerbitkan buku berjudul Jangan Pernah menyerah dan berhasil menjadi buku terlaris di tahun 2016. Selain itu melalui akun @beraniberhijrah Aldilla mulai dikenal oleh masyarakat luas sehingga Aldilla diundang sebagai pembicara diberbagai seminar. Penelitian ini meneliti tentang pesan dakwah pada akun instagram @beraniberhijrah berdasarkan teori analisis wacana model Teun A. van Dijk. Untuk mengidentifikasi pesan dakwah secara mendalam dan menyeluruh, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis wacana model Teun A. van Dijk yang bersifat non kritis. Hasil Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pesan dakwah dalam akun instagram @beraniberhijrah berhubungan dengan akidah, syari’ah, mu’amalah dan akhlak. Dari penyajian data yang dianalisis menggunakan tiga unsur yang ada yakni unsur tematik, skematik dan semantik. Hasil dari analisis tiga unsur element milik Teun A. van Dijk ditemukan sebuah pesan tentang beriman kepada Allah, Al-Qur’an sebagai penawar kegalauan, Menjaga Aurat, Mendapat Pasangan Hidup, Menebar Kebaikan, Seorang Muslim Yang Berkata Baik, Memulai Pekerjaan Dengan Bismillah, dan Larangan Bersifat Sombong. Namun Penelitian ini hanya membahas tentang isi pesan dakwah dalam akun instagram @beraniberhijrah, tidak sampai membahas masalah efek dari akun tersebut. Oleh karena itu, kajian tentang pengaruh akun instagram @beraniberhijrah dapat dikaji oleh peneliti berikutnya. Kata Kunci : Pesan Dakwah, Instagram, Analisis Wacana Teun A van Dijk
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 26 Dec 2018 10:09 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 10:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |