Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Gita FM Jombang dalam Mempertahanakan Eksistensi di Masa Pandemi Covid-19

Khoiroh, Hafiza Hikmatul (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Gita FM Jombang dalam Mempertahanakan Eksistensi di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933505918_prabab.pdf

Download (618kB)
[img] Text
933505918_bab1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
933505918_bab2.pdf

Download (206kB)
[img] Text
933505918_bab3.pdf

Download (208kB)
[img] Text
933505918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
933505918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
933505918_bab6.pdf

Download (45kB)
[img] Text
933505918_daftarpustaka.pdf

Download (47kB)
[img] Text
933505918_suratpernyataan.pdf

Download (452kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah epidemi penyakit yang disebabkan oleh virus penyebab infeksi saluran pernapasan. Covid-19 dapat menyebabkan isolasi bagi yang terpapar bahkan dapat menyebabkan kematian. Covid-19 berdampak pada berbagai bidang. Bidang penyiaran pun terkena dampaknya seperti yang terjadi pada Radio Gita FM. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendalami strategi komunikasi pemasaran Radio Gita FM dalam mempertahankan eksistensi di masa pandemi Covid-19 serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pihak Radio Gita FM yaitu Direktur, Head Marketing, Admin serta 2 Penyiar Radio Gita FM Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada teori Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Radio Gita FM melakukan strategi Integrated Marketing Communication (IMC). Advertising melakukan strategi dengan iklan di media pribadi dan memasang iklan. Public relations Radio Gita FM melakukan peran dan fungsi public relations oleh admin, marketing, dan program director. Public relations sangat memanfaatkan peran media sosial untuk menambah relasi, dan memberikan CSR pada acara bakti sosial. Event sponsorship dengan menjalin kerja sama dengan klien, dan menjadi media partner pada suatu event. Radio Gita FM melakukan sales promotion dengan menggunakan metode kontes atau kuis berhadiah dengan menjalin kerja sama dengan brand tertentu, dan melakukan door to door dengan bertemu langsung dengan klien. Personal selling promosinya dengan pendekatan kepada klien secara langsung, dan melakukan pertemuan langsung dengan klien untuk merundingkan keinginan dari klien. Faktor yang memengaruhi strategi dalam mempertahankan eksistensi Radio Gita FM yaitu faktor pendukung meliputi: adanya aplikasi OnEars, memanfaatkan sosial media, tergabung pada keanggotaan. Faktor penghambat meliputi: kurangnya sumber daya manusia, majunya perkembangan sosial media, sulitnya berkembang, dan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap radio.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hafiza Hikmatul Khoiroh
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:06
Last Modified: 06 Jun 2023 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item