فعالية طريقة المفتاح للعلوم لتحسين فهم النحو في الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية تنوير القلوب لامونجان

Rohmawaty, Evy Nur (2023) فعالية طريقة المفتاح للعلوم لتحسين فهم النحو في الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية تنوير القلوب لامونجان. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505319_bab1.pdf

Download (869kB)
[img] Text
932505319_bab2.pdf

Download (778kB)
[img] Text
932505319_bab3.pdf

Download (952kB)
[img] Text
932505319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
932505319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
932505319_bab6.pdf

Download (558kB)
[img] Text
932505319_daftar_pustaka.pdf

Download (639kB)

Abstract

vy Nur Rohmawaty. Pembimbing 1) Ahmad Sholihudin, M.Pd. 2) M.Syamsul Ma’arif, M.Pd.I Efektifitas Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Pemahaman Nahwu Di Kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Lamongan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2023 Kata Kunci : Metode Al-Miftah Lil Ulum, Pemahaman, Nahwu Dalam mempelajari bahasa Arab dibutuhkan sebuah ilmu alat yang dinamakan ilmu nahwu. Ilmu nahwu merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan atau kaidah dalam berbahasa sehingga memudahkan kita dalam memahami bahasa Arab dalam bentuk lisan maupun tulisan. Agar mudah mempelajari nahwu diperlukan salah satu metode pembelajaran yang sesuai cocok digunakan saat pembelajaran yaitu metode Al-Miftah Lil Ulum. Metode Al-Miftah Lil Ulum merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan untuk bisa membatu guru dalam menyampaikan materi ajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Metode Al-Miftah Lil Ulum lebih efektif digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang peningkatan pemahaman nahwu menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode Almiftah Lil Ulum (X) dan pemahaman nahwu (Y). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji N Gain Score. Berdasarkan uji tahap akhir, dari uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Pengujian N Gain Score menunjukkan bahwa metode Al-Miftah Lil Ulum efektif dalam meningkatkan pemahaman nahwu siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Al-Miftah Lil Ulum mampu meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar dan lebih efektif meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran nahwu. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode AlMiftah Lil Ulum hasil belajarnya lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, guru disarankan untuk lebih kreatif dalam pengembangan metode belajar berupa penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam pembelajaran, serta menerapkan metode ini pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Evy Nur Rohmawaty
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:36
Last Modified: 07 Jun 2023 04:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item