Afifah, Nurfadilla (2023) Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Iklim Sekolah Melalui Self Regulated Learning Terhadap Academic Flow Pada Mahasiswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933402018_prabab.pdf Download (734kB) |
|
Text
933402018_bab1.pdf Download (286kB) |
|
Text
933402018_bab2.pdf Download (279kB) |
|
Text
933402018_bab3.pdf Download (270kB) |
|
Text
933402018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text
933402018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
933402018_bab6.pdf Download (170kB) |
|
Text
933402018_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
933402018_sp.pdf Download (367kB) |
Abstract
Academic flow merupakan kondisi ketika individu mampu fokus, menikmati, dan merasa senang dalam menjalankan aktivitas akademik. Salah satu bentuk aktivitas akademik yang dilakukan mahasiswa adalah menyelesaikan skripsi. Berdasarkan hasil preliminary study didapatkan sebanyak 52% mahasiswa yang mengerjakan skripsi tidak mampu fokus karena masih memikirkan hal lain dan sebanyak 68% mahasiswa mengakui mudah terganggu dengan hal lain selama mengerjakan skripsi. Secara teoritis, academic flow dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya dukungan sosial teman sebaya, self regulated learning (SRL), dan iklim sekolah. Oleh karena itu, peneliti ingin mendalami pengaruh dukungan sosial teman sebaya, self regulated learning, dan iklim sekolah terhadap academic flow. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan iklim sekolah melalui self regulated learning terhadap academic flow pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 158 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) skala academic flow disusun berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Bakker, 2) skala dukungan sosial teman sebaya disusun berdasarkan teori yang dikemukakan Sarafino, 3) skala iklim sekolah disusun berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Jonathan Cohen, dan 4) skala self regulated learning berdasarkan modifikasi dari short version MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) yang disusun oleh Usinger dan Boyer. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengetahui adanya pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara langsung terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap SRL yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Secara langsung terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap SRL yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,013 < 0,05. 3) Secara langsung tidak terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap academic flow ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,424 > 0,05. 4) Secara langsung tidak terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap academic flow yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,077 > 0,05. 5) Secara langsung terdapat pengaruh SRL terhadap academic flow yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 6) Secara tidak langsung terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya melalui SRL terhadap academic flow ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 7) Secara tidak langsung tidak terdapat pengaruh iklim sekolah melalui SRL terhadap academic flow ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Nurfadilla Afifah |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:05 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8407 |
Actions (login required)
View Item |