Alfiyah, Nur (2023) Pengaruh Iklim Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933408118_PRABAB_merged.pdf Download (892kB) |
|
Text
933408118_BAB I.pdf Download (565kB) |
|
Text
933408118_BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
933408118_BAB III.pdf Download (504kB) |
|
Text
933408118_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
|
Text
933408118_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
|
Text
933408118_BAB VI.pdf Download (228kB) |
|
Text
933408118_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
Abstract
NUR ALFIYAH, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M.Psi dan Hasan Basri M, Ag, Pengaruh Iklim Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Islamiyah Tanggulangin. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Iklim Sekolah, Efikasi Diri. Penyesuaian diri adalah proses kecakapan mental dan tingkah laku seseorang dalam mengahadapi tuntutan-tuntutan baik dari dalam diri sendiri maupun.lingkungannya. Data lapangan menunjukkan bahwa siswa-siswi Madrasah Aliyah Islamiyah tidak sepenuhnya bisa menyesuaikan diri di sekolah dengan baik. Secara teoritis penyesuaian diri berhubungan dengan 1) iklim sekolah dan 2) efikasi diri. Iklim sekolah adalah mengacu pada kualitas dan karakter dari kehidupan sekolah. iklim sekolah didasarkan pola pengalaman masyarakat mengenai kehidupan sekolah yang mencerminkan norma, tujuan, nilai-nilai, hubungan interpersonal, praktek belajar mengajar dan struktur organisasi. Efikasi diri merupakan keyakinan individu dalam kemampuan mereka untuk melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh iklim sekolah terhadap penyesuaian diri, 2) pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri, 3) pengaruh iklim sekolah dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan non probability sampling, populasi berjumlah 152 dan tidak semua anggota populasi dijadikan sampel dan sampel terdiri dari 71 siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan skala yaitu penyesuaian diri disusun dari teori Schneiders, iklim sekolah disusun dari teori Jonathan Cohen, efikasi diri disusun dari teori Albert Bandura. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan program SPSS 16.0.Hasil dari penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara iklim sekolah terhadap penyesuaian diri dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,262 yang berarti memberi pengaruh sebesar 26,2%. 2) terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,231 yang berarti memberikan pengaruh sebesar 23,1%. 3) terdapat pengaruh antara iklim sekolah dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,337 yang berarti memberikan pengaruh sebesar 33,7%. Sedangkan sisanya 66,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dumasukkan dalam model ini. Maka Ha diterima dan Ho ditolak
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Nur Alfiyah |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:37 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8358 |
Actions (login required)
View Item |