Khabibi, Mohammad Khafid (2022) Pengaruh Lokasi, Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Memilih Wisata Buatan (Studi Pada Kolam Renang Sendang Jaya Tirta Ngronggot Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931337915_prabab.pdf Download (856kB) |
|
Text
931337915_bab1.pdf Download (481kB) |
|
Text
931337915_bab2.pdf Download (576kB) |
|
Text
931337915_bab3.pdf Download (633kB) |
|
Text
931337915_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
Text
931337915_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
Text
931337915_bab6.pdf Download (132kB) |
|
Text
931337915_daftarpustaka.pdf Download (238kB) |
|
Text
931337915_suratpernyataan.pdf Download (328kB) |
Abstract
ABSTRAC MOHAMMAD KHAFID KHABIBI, Dosen pembimbing Dr.Hj. Zuraidah, M.SI dan Dijan Novia Saka, SE.,M.M.: “Pengaruh Lokasi ,Produk dan harga Terhadap Keputusan memilih Pada Wisata Buatan (Studi Pada kolam renang Sendang Jaya Tirta Ngronggot Nganjuk)” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Lokasi, Produk,harga, Keputusan Pemilihan. Pariwisata adalah suatu aktivitas perjalanan yang dilakukan sementara waktu dari tempat tinggal semula ke daerah tujuan dengan sebuah alasan bukan untuk menetap atau mencari nafkah melainkan hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau libur dan tujuan-tujuan lainnya. Di Indonesia sendiri pariwisata memiliki beraneka ragam jenis pariwisata seperti wisata alam, sosial, budaya maupun buatan. Banyaknya pilihan objek wisata yang ada di kota besar maupun di daerah-daerah saat ini akan mempermudah masyarakat untuk menentukan tempat wisata mana yang ingin dikunjungi. Bersamaan dengan kemjuan teknologi informasi pada era globalisasi saat ini sangat memungkinkan adanya struktur ekonomi yang di pengaruhi oleh beberaba hal yang membuat kemajuan dalam pengetahuan ataupun kemajuan secara finansial. Dan dalam pengaruh yang sangat erat dan pekat pada era globalisasi saat ini semua orang menggunakan peluang yang produktif untuk meningkatkan taraf dalam hidup. Salah satu peluang yang sangat produktif pada era globalisasi dan meningkatnya teknologi informasi, wisata adalah alasan yang sangat tepat dan berpotensi produktif bagi pengusaha baik dalam klompok maupun individu Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, yaitu teknik yang memberi peluang atau kesempatan yang sama pada setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata buatan kolam renang Sendang Jaya Tirta dengan sampel yang berjumlah 349 pengunjung. Hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan (r) maka, antara variabel lokasi (X1) dan keputusan berkunjung (Y) sebesar 0,591 artinya berhubungan sedang. Antara variabel produk (X2) dan keputusan berkunjung (Y) sebesar 0,535 artinya berhubungan sedang. Dan antara variabel X1 dan X2 sebesar -0,094 artinya berhubungan lemah. Maka antara variabel bebas dan terikat, secara parsial terbukti memiliki hubungan. Dari uji korelasi berganda diperoleh Sig. F change sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti lokasi dan produk bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 5,097 + 0,680 X1 + 0,530 X2. Nilai determinasi (R2) sebesar 0,700 atau 70,0%. Hal ini menunjukkan bahwa lokasi dan produk berpengaruh sebesar 70,0% terhadap keputusan berkunjung ke wisata buatan Madiun Umbul Square.Sedangkan sisanya sebesar 30,0% dipengaruhi oleh variabel lain (harga, promosi, partisipan, proses, bukti fisik) yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mohammad Khafid Khabib |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:57 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8275 |
Actions (login required)
View Item |