Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar matematika dan perbedaan gender pada materi program linear di SMA negeri 2 Kediri

Sumarsono, Lilla Syafira Putri (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar matematika dan perbedaan gender pada materi program linear di SMA negeri 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304118_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932304118_bab2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
932304118_bab3.pdf

Download (519kB)
[img] Text
932304118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932304118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
932304118_bab6.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932304118_daftarpustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi kemampuan matematika siswa tersebut yang mana berlawanan dengan tujuan pembelajaran matematika salah satunya yaitu siswa mampu mengkomunikasikan suatu ide atau gagasan dengan simbol, diagram, tabel, atau media lain guna memperjelas gagasan maupun permasalahan, yang mana kemampuan tersebut merupakan kemampuan komunikasi matematis. Di samping itu, penelitian-penelitian terdahulu mengatakan bahwa gaya belajar siswa berpengaruh terhadap bagaimana cara siswa menangkap dan memahami materi yang disampaikan sehingga dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, teori mengatakan bahwa perbedaan gender juga dapat mempengaruhi kemampuan matematika siswa salah satunya kemampuan komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, read/write, dan kinestetik berdasarkan perbedaan gender pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan kepada siswa kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2021/2022 dengan 16 sampel penelitian. Instrumen pada penelitian ini ialah lembar observasi gaya belajar, angket gaya belajar, soal tes uraian, dan pedoman wawancara yang kemudian data yang dianalisis akan dicek keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada gaya belajar visual, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Pada gaya belajar auditorial, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Pada gaya belajar read/write, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Begitu pula pada gaya belajar kinestetik, kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Lilla Syafira Putri S
Date Deposited: 15 May 2023 03:14
Last Modified: 15 May 2023 03:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item