استخدام النظرية التوليدية التحويلية في منهج التعليم بالدورة أوسييان عربية باري كديري (الدراسة التحليلية لنظرية نوام تشومسكي)

Muhammad Saiful, Umam (2021) استخدام النظرية التوليدية التحويلية في منهج التعليم بالدورة أوسييان عربية باري كديري (الدراسة التحليلية لنظرية نوام تشومسكي). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
93200317005_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
93200317005_Bab1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
93200317005_Bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
93200317005_Bab3.pdf

Download (664kB)
[img] Text
93200317005_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
93200317005_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
93200317005_Bab6.pdf

Download (552kB)
[img] Text
93200317005_Daftar_pustaka.pdf

Download (629kB)

Abstract

Abstrak Muhammad Saiful Umam. Pembimbing Pertama, Dr. Nurul Hanani, M.Hi. Pembimbing Kedua, Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd. Penggunaan Teori GeneratifTransformatif Pada Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Ocean Arabic Pare Kediri (Kajian Analitis Terhadap Teori Noam Chomski) Tesis. Kediri: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Generatif - Transformatif, Kurikulum, Dan Kursus Bahasa Arab Penelitian ini mengkaji terkait implementasi teori generatif-transformatif miliki Noah Choamski dalam kurikulum pembelajaran di kursusan Ocean Arabic Pare Kediri. Berdasarkan tema tersebut dirumuskan tiga hal : 1) Bagaimana implementasi teori generatif-transformatif dalam pembelajaran di kursusan Ocean Arabic Pare, 2) Apa dampak teori generatif-transformatif bagi peserta didik di kursusan Ocean Arabic Pare, 3) Apa dampak penggunaan teori generatif-transformatif bagi pengajar di kursusan Ocean Arabic Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus di lembaga kursusan Ocean Arabic Pare Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer terkait penelitian ini didapat dari beberapa informan, antara lain; Direktur Lembaga Kursus, Tutor bahasa Arab, dan peserta didik pada lembaga kursus. Sedangkan data sekunder atau pendukung di dapatkan dari dukumentasi lembaga, serta bebarapa karya ilmiah yang relevan dengan tema penelitian ini. Berdasarkan pertayaan yang telah dirumuskan, bahwa implementasi teori generatif-transformatif dalam pembelajaran di kursusan Ocean Arabic Pare adalah sebagai berikut; 1) penerapan teori generatif-transformatif dalam pembelajaran di Ocean Arabic adalah dengan cara menjelaskan kepada murid tentang latar belakang dan fungsi bahasa Arab itu sendiri, terutama tentang tata cara keterampilan berbicara serta tujuan pengajarannya, dan mendorong para siswa untuk aktif berbicara dengan bahasa Arab. Adapun dorongan yang diajarkan di kelas menggunakan empat modalitas yaitu kecintaan dalam mempelajari bahasa Arab, menghafal kosa kata, memperbanyak aplikasi atau latihan, dan kemandirian. Pengajaran bahasa Arab dengan pendekatan generatif transformatif dalam lembaga kursus Osean Arabic sangat mendorong siswa untuk belajar bertutur di kelas secara langsung tanpa takut salah, baik dari segi tata bahasa maupun lainnya , 2) dampak dari implementasi teori generatif-transformatif dalam pembelajaran di kursusan Ocean Arabic bagi murid adalah, a) menciptakan nuansa yang mengasyikan dalam pembelajaran. b) membangkitkan rasa ingin selalu belajar & melatih berbahasa Arab, c) menjauhkan perasaan bosan saat pembelajaran. 3) dampak dari implementasi teori generatif-transformatif dalam pembelajaran di kursusan Ocean Arabic bagi guru adalah, a) memudahkan untuk memetakan & mengidentifikasi kemampuan murid yang berbeda-beda, b) mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa, 3) membantu memecahkan problem yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MUHAMMAD SAIFUL UMAM
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:31
Last Modified: 18 Aug 2023 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item View Item